THE JOURNAL

Work-life Balance: 7 Alasan Mengapa Traveling Penting Bagi Jiwa Anda

Work-life Balance: 7 Alasan Mengapa Traveling Penting Bagi Jiwa Anda

Pentingnya peran sebuah perjalanan atau sesi traveling pada produktifitas dan terlebih lagi, bagi jiwa. Semoga ini mengukuhkan niat Anda untuk memulai perjalanan!

Menurut laporan yang disempurnakan oleh Oxford Economics ada 429 juta hari cuti berbayar yang tidak digunakan oleh para pekerja Amerika Serikat pada tahun 2013. Bagaimana dengan Indonesia? Walaupun belum ada riset yang secara gamblang mensurvei hal serupa, kita bisa melirik hasil survei yang dirilis PBB terkait peringkat kebahagiaan Indonesia atau dikenal sebagai World Happiness Ranking, yang sejak tahun 2015 terus melorot dari peringkat ke-74 sampai ambruk ke-96.

Faktanya tingkat kebahagiaan Indonesia semakin melorot, jauh dibawah negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia

Rutinitas padat membuat masyarakat sulit untuk memaknai hidup (salah satu barometer survei kebahagiaan)

Maluku Utara lebih bahagia dibanding Jakarta

Namun satu temuan menarik pada tahun 2017, ialah peringkat kebahagiaan Maluku Utara menjadi yang teratas dan melebihi provinsi lainnya di Indonesia, termasuk DKI Jakarta yang notabene secara kesejahteraan ekonomi lebih tinggi. Temuan ini membuktikan bahwa finansial tidak menjadi satu-satunya aspek penentu kebahagian seseorang. Dilansir dari Kumparan.com, Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan yang membuat Maluku Utara paling bahagia karena dari sisi makna hidup cukup tinggi, mereka (Masyarakat di Maluku Utara) lebih dalam soal memaknai hidup.

Salah satu cara paling mudah untuk lebih memaknai hidup ialah traveling, ini alasannya;

1. MEMBERI JAWABAN PRAKTIS AKAN "WHY YOU DO WHAT YOU DO?"

Tidak peduli seberapa cinta Anda akan pekerjaan pastinya ada momen dimana Anda merasa penat dan stres, entah dikarenakan kemacetan yang harus diarungi saat bekerja atau kolega yang memusingkan, saat itulah rencana liburan Anda dapat menghibur dan membantu Anda menjawab mengapa Anda melakukan semua pekerjaan tersebut.

Produktifitas merupakan kunci wajib kaum urban dalam berprofesi

2. KALIBRASI KREATIFITAS

Pernahkah Anda merasa lebih kreatif dan penuh ide saat masih menjadi seorang anak kecil? Salah satu cara untuk menyalakan kembali imajinasi tersebut ialah dengan melancong ke daerah atau negeri yang selama ini masih asing untuk Anda. Destinasi yang dituju tidak selalu harus ke luar negeri, bisa sekedar bertandang ke wisata alam di luar kota.

Katup kreatifitas akan lebih mudah terbuka disaat pikiran kita relaks bersama alam

3. TERHINDAR DARI BURNOUT SYNDROME

Sindrom burnout merupakan fase sebelum stress berat yang umumnya dialami banyak pekerja, hal ini dikarenakan keletihan baik secara fisik, emosional, maupun mental akibat pekerjaan yang menumpuk. Memaksakan diri untuk terus bekerja tanpa memberikan jeda dengan traveling tidak akan membuat Anda lebih produktif, malah secara psikologis akan semakin menenggelamkan Anda ke tingkat stres yang lebih dalam.

Berhenti sejenak untuk mengapresiasi hasil kerja keras Anda dan memulainya dengan semangat yang baru

4. TERHINDAR DARI RASA PENYESALAN KEMUDIAN HARI

Mungkin Anda pernah mendengar kutipan "I rather regret doing something than not doing something" Bayangkan betapa menyesalnya Anda nanti saat berusia lanjut dan sadar bahwa tidak banyak kesan dan cerita yang dapat dibagikan kepada orang terdekat, karena keseharian Anda hanya diisi dengan kerja dan kerja.

5. LEBIH MUDAH MENGAPRESIASI ALAM

Saat kita traveling, terutama ke cagar atau atraksi alam kita semakin mengenal betapa pentingnya peran flora dan fauna. Contohnya, mungkin sulit bagi kita untuk mempercayai fenomena katastropik seperti Global Warming, tetapi bila kita punya kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu yang paling merasakan dampak alam ini, kemungkinan besar kita bisa lebih mengapresiasi alam dan mengganggap ancaman ini nyata dan lebih serius.

Mengabadikan momen itu penting namun jangan sampai lupa menikmatinya

6. MENJADI PRIBADI YANG LEBIH OPEN MINDED

Di Indonesia ada 741 suku dengan berbagai perbedaan budayanya yang patut dirayakan, namun apabila kita tidak mencoba menjelajahinya dan mengenalinya, besar kemungkinan kita akan menilai saudara se-tanah air lainnya dari perspektif steorotipe dan prasangka. Satu-satunya cara untuk mengakali masalah yang masih mendarah daging ini sangat sederhana, yakni cukup dengan menyambangi mereka, karena tak kenal maka tak sayang, setuju? :)

7. BELAJAR SESUATU YANG BARU

Saat keadaan mepet otak manusia akan secara mandiri tertekan untuk mencari solusi dengan menguasai kemampuan-kemampuan baru yang mungkin belum pernah Anda ketahui akan pernah bisa mengusainya, berbahasa asing saat tersesat sampai mendirikan tenda saat terpaksa harus bermalam di sebuah bukit.

Apakah alasan ini cukup untuk mendorong Anda untuk mengepak barang dan mulai traveling? Bila belum, berikut video perjalanan tim Wearinasia beberapa waktu lalu ke Stone Park, Bandung, semoga menggelitik sisi petualang Anda.

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.