Trekking di Laos Bagian Utara Merupakan Rahasia yang Menanti untuk Diungkap

Luang Namtha, kota di utara Laos, berbatasan dengan bagian utara Thailand. Menyambangi kota kecil itu bisa dengan bus dari kota Chiang Mai di Thailand.

Blog perjalanan dreamtravelgirl.com memaparkan bahwa Luang Namtha dikelilingi oleh bukit hijau dan desa-desa yang didiami bermacam-macam suku. (Laos pun kaya akan kekayaan masyarakatnya; lebih dari 20 suku bermukim di seputaran desa.)

Bagi Anda yang tertarik untuk trekking di alam terbuka, Anda bisa mempertimbangkan salah satu operator yang membuka program trekking dari satu hingga tiga hari mengitari taman nasional atau desa-desa sekitar pula.

Warna hijau di mana-mana... Image by ethictravellaos.com Warna hijau di mana-mana... Image by ethictravellaos.com

Lain lagi dengan blog thewholeworldornothing.com yang punya kisahnya sendiri. Namun kedua blog berpendapat kalau Luang Namtha adalah sesuatu yang berkesan. Blog tersebut pernah mengulas sensasi berpetualang di Machu Picchu di Peru, Kolombia, hingga Gunung Hua di Tiongkok ... namun menyusuri utara Laos adalah yang terbrutal dan paling menantang.

Penulis blog itu memilih trek tiga hari yang dibarengi dengan berkemah di hutan di malam pertama dan bersama keluarga setempat di desa suku Hmong (yang juga ditemui di Vietnam) di hari berikutnya.

Di hari pertama, jalanan 'terbuka' setelah mengelana selama dua dari delapan jam perkiraan untuk hari tersebut. Jalanan tiba-tiba berlumpur yang membuat pendakian lebih sulit. Lereng pun curam, sampai-sampai membuat penulisnya berpegangan pada batang pohon dan rebung.

Trekking di hutan Laos. Image by luangnamthatrek.com Berkemah di hutan Laos. Image by luangnamthatrek.com

Sehabis bermalam di hutan, mereka lalu menyeberangi dua sungai dan hutan lainnya yang berada lebih terpencil.

Kami tak ingin membocorkan terlalu banyak tentang Luang Namtha!

Laos jelas bisa dijadikan referensi petualangan jika Wearinasians masih ingin berkutat mengitari Asia Tenggara.

*) Featured image by ethnictravellaos.com

Randy Mulyanto - May 13, 2017
← Previous Post Next Post →