Travel

  • 6 Pekerjaan yang Membayarmu Untuk Berpetualang

    Untuk urusan memilih pekerjaan, kadang kita dihadapi dengan jenis pekerjaan yang memberikan apresiasi gaji yang tinggi namun tidak bisa dinikmati karena monoton dan ada jenis sebaliknya, yang penuh petualangan namun seret dalam hal gaji. Namun bagaimana bila ternyata ada pekerjaan yang malah mengharuskan Anda untuk bereksplorasi alias traveling sekaligus menawarkan gaji yang memuaskan atau setidaknya kepuasan batin? Berikut jenis pekerjaan dimaksud:

    1. ENVIROMENTALIST

    environmentalist Source: Creative Commons

    Tipe pekerjaan ini dapat berada dibawah lembaga swasta atau pemerintahan. Para enviromentalist menselebrasi keindahan alam luar ruang alias outdoor dengan melakukan riset-riset dan upaya konservasi terkait sumber-sumber daya alam yang menyangkut hajar hidup orang banyak.

    2. ARSITEK/URBAN PLANNER

    7640990538_6b74fb5dbe_o Source: Creative Commons

    Iklim dunia usaha yang semakin mengedepankan keberlanjutan di setiap segi bisnis membuat ketertarikan akan pembangunan berasaskan lingkungan menjadi semakin populer dan banyak dicari. Tantangannya besar dan memerlukan banyak referensi dari alam, namun sudah banyak pihak yang siap merogoh kocek untuk memberikan imbalan tinggi untuk pekerjaan semacam ini.

    3. GEOLOG

    Not that we want to make you jealous about the amazing places we work...OK, OK, we're definitely trying to make you jealous...here's a shot of a geologist on an outcrop of Nanushuk Formation, Tuktu Bluff, Alaska in the summer of 2004. Photographer: Dave Houseknecht, USGS.

     

    Bagi seorang geolog alam bebas adalah lab raksasa yang menyimpan banyak data, yang dapat digunakan untuk memprediksi cuaca, perencanaan pembangunan, dan mencoba memecahkan masalah manusia yang masih banyak tergantung oleh sumber daya alam yang tidak tergantikan. Geolog bukanlah profesi identik dengan gaji tinggi namun seiring dengan semakin diperlukannya sumber energi yang baru, tak menutup kemungkinan profesional dalam bidang ini akan mendapat imbalan setinggi langit. Ingin tahu figur terkenal yang adalah seorang lulusan geologi? Tak lain dan bukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

    4. MARINE BIOLOGY

    3482720574_2122fda94f_o Source: Creative Commons

    Punya kecintaan untuk kekayaan bahari? Kenapa tidak dedikasikan diri dengan menjadi seorang Marine Biologist atau Biologi kelautan. Saat ini profesi semacam ini mungkin belum populer, namun tak ada salahnya untuk mencoba peruntungan yang sama dengan melamar ke perusahaan atau institusi luar negeri.

    5. PENJAGA HUTAN

    8430718738_74921cac66_o Source: Creative Commons

    Punya keinginan untuk mengkonservasi alam atau fauna? Walaupun hal ini nampaknya masih belum menjadi agenda utama pemerintah kita, tetapi tahukah Anda kalau ada beberapa biliuner dalam negeri, sudah ada yang mulai mengelola beberapa zona hutan untuk tujuan konservasi? Misalnya Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) yang disokong perusahaan swasta ternama, mungkin Wearinasians tertarik untuk mengirimkan CV?

    6. PEMANDU WISATA PETUALANG

    7131303403_41b84e890b_o Source: Creative Commons

    Pandu wisatawan melewati Labuan Bajo, Raja Ampat, atau memandu wisatawan menatap sinar surga di Goa Jomblang, Yogyakarta, semuanya memungkinkan Weariansians untuk terus berpetualang tanpa harus menunggu waktu cuti dan yang terpenting, mendapat penghasilan sembari jalan-jalan :)

  • 5 Perlengkapan Travel Kekinian Di Bulan Desember 2016

    Menutup akhir tahun 2016, tentunya tidak menarik bila hanya disambut dengan jalan ke mal atau di "bersarang" di rumah saja. Mari arsipkan lebih banyak lagi memori-memori dengan melancong ke destinasi yang selama ini cuma hanya ada di dalam mimpi, namun pastikan salah satu dari 8 perlengkapan kekinian berikut ini sudah Wearinasians bawa:

    1_urban-explorer-nyc Source: Theplaidzebra.com

    1. JURNAL PERJALANAN

    Source: Esty.com Source: Esty.com

    Jaman memang sudah digital, tapi menulis secara analog tentunya akan lebih banyak mengaktifkan banyak jenis indera sehingga setiap detil perjalanan dapat terekam dengan baik. Dengan menulis, Wearinasians dituntun untuk lebih meresapi kondisi sekitar, sehingga siapa tahu ada jiwa penulis yang selama ini terpendam, mulai menampakkan keberadaannya.

    2. CASING SMARTPHONE SE-KERAS "TANK"

    Source: Windrocentral.com Source: Windrocentral.com

    Smartphone hendaknya menjadi alat pembantu Wearinasians selama bereksplorasi, bukannya menjadi "tuan" yang mewajibkan pemiliknya untuk selalu dijaga agar tidak rusak karena jatuh. Untuk menengahi kekhawatiran terkait, casing smartphone yang tahan banting boleh jadi investasi yang baik, agar petualangan Wearinasians terhenti karena iPhone mahal yang baru dicicil beberapa bulan lalu :)

    3. KAMERA AKSI ALIAS ACTION CAMERA

    cca289d2a4acd14c1cd9a84ffb41dd29_120 Source: Stoked.com

    Semahal-mahalnya smartphone Wearinasians pastinya tak akan berdaya saat harus mengarungi aktifitas seperti body-rafting di Pangandaran atau snorkling di Pulau Pahawang. Disinilah peran action camera bermain. Untuk urusan merek pastinya Wearinasians sudah banyak yang tahu, tetapi yang mungkin diperlukan inspirasi-inspira mengambil gambar menggunakan action camera. Berikut adalah beberapa video petualangan Jay Alvarez, yang bisa jadi referensi.

    4. HUMBLE BRAG #PERTEMENANSEHAT

    smartband

    Pastinya Wearinasians punya teman yang aktif berolahraga dan kerap mendokumentasikannya di Path atau Instagram. Dengan motif yang sama, namun pada tingkatan yang lebih canggih, Wearinasians, bisa membagikan screenshot hasil rekaman berupa jumlah kalori dan langkah yang telah terekam perangkat wearables atau smartband. Dan jangan lupa mencantumkan tagar #PertemananSehat di caption posting-an Anda :)

    5. DRONE LIPAT

    Source: TheVerge.com Source: TheVerge.com

    Jaman cepat berubah, drone yang identik dengan perangkat besar dan dioperasikan dengan remot kontrol yang kompleks, menjadi semakin ringkas, saking mungilnya produsen drone DJI menciptakan drone lipat yang hampir dapat dimasukkan ke dalam kantong celana (DJI Mavic Pro). Drone lipat ini, juga semakin memanjakan pengguna newbie dengan beragam sensor pengaman yang memperkecil kemungkinan kecelakaan saat terbang. Jadi bila punya kocek berlebih, drone lipat mungkin bisa jadi pilihan.

2 Item(s)