Get your travel essential, disc up to 50% off : SHOP NOW
THE JOURNAL

Tips & Perlengkapan Bak Seorang Jurnalis Travel

Tips & Perlengkapan Bak Seorang Jurnalis Travel
  • SHARE
THE JOURNAL

Tips & Perlengkapan Bak Seorang Jurnalis Travel

  • SHARE

Words & Photo by : | February 9, 2018

Tip & perlengkapan jurnalis travel bagi Anda yang baru ingin memulai.

Jadi Anda ingin menceritakan perjalanan Anda? Namun bingung harus memulai darimana? Bagaimana dengan melengkapi diri, agar proses perekaman atau pencatatan tetap maksimal. Berikut adalah kurasi beberapa tips dan perlengkapan yang biasanya dibawa oleh jurnalis travel berdasarkan hasil tanya-tanya kami dengan beberapa teman yang hobi menulis atau membuat konten selama melancong.

Sedikit catatan perlengkapan bawaan ini ditujukan apabila destinasi yang ingin diliput adalah perkotaan sehingga kami tidak memasukkan perlengkapan perlengkapan semacam kamera kedap air seperti Go-Pro atau drone semi profesional seperti DJI Phantom, karena artikel kali ini sepenuhnya ditujukan untuk peliputan daerah urban alias kota.

KEEP IT SIMPLE

Saat ingin merencanakan pembuatan konten atau artikel kita sering terlalu bersemangat untuk membayangkan berbagai perlengkapan yang perlu dibawa sehingga daftar barang bawaan menggunung dan kita akan kewalahan sendiri dengan barang bawaan. Oleh karena itu ada baiknya, rencanakan semua proses peliputan lebih awal sampai tahapan yang cukup detil. Umpamanya apabila Anda hanya ingin meliput jajanan pasar yang berada di sebuah gang, tidak ada gunanya membawa drone, karena pada akhirnya tidak akan terpakai karena situasi yang tidak memungkinkan.

alt

Keept it simple, bila menggunakan kamera mirrorless, pakai saja Tas selempang || Tas selempang: Frederik Packers 500D ARC

TENTUKAN FORMAT

Konten video Instagram dan Youtube tentunya memiliki format yang berbeda, dari segi durasi dan resolusi yang ideal untuk digunakan. Apabila ingin menciptakan konten untuk keperluan Instagram saja, Anda bisa pilih kamera bergimbal dibanding kamera DSLR yang memiliki badan yang lebih bongsor.

Selain ringkas, kamera gimbal menawarkan kestabilan yang cukup mumpuni || Kamera gimbal: DJI Osmo X3, Sunnies: IZIPIZI Sun Letmesee #C Black Soft Grey Lenses, Jaket: Humblezing Wilbur Black Twill Jacket, Jam tangan: Timex X Weekender The Fairfield Sub Second, Tas selempang: Frederik Packers 500D ARC

RULE OF THREE

Apabila Anda masing bingung perlengkapan mana saja yang perlu dibawa, terapkan Rule of Three prinsip 3. Berdasarkan pengamatan Carmine Gallo, penulis buku "Presentation Secrets of Steve Jobs", manusia dapat mengerti dan berfungsi dengan lebih efektif apabila hanya fokus pada tiga hal, oleh karena itu hampir seluruh presentasi Steve Jobs beracu hanya pada tiga poin dan mudah dimengerti.

Prinsip tersebut bisa diterapkan dalam konteks mempersiapkan perlengkapan untuk liputan ini, umpamanya Anda sudah menetapkan tempat liputan dan menentukan format, dan pada akhirnya Anda tetap memerlukan DSLR, Drone, dan kamera gimbal, hentikan penambahan perlengkapan sampai tiga barang tersebut atau coret salah satu dari tiga tersebut dengan perlengkapan lainnya bila perlu, karena apabila Anda meliput seorang diri dan harus membawa perlengkapan lebih dari tiga, bisa-bisa Anda hanya akan repot membawa perlengkapan tersebut.

Banyak karya bisa dibuat dari alat sederhana berikut ini || Kamera gimbal: DJI Osmo X3, Jam tangan: Timex X Weekender The Fairfield Sub Second, Tas selempang: Frederik Packers 500D ARC, Note: Akasa Projects Midnight Blue Tranquil Notebook Medium, Akasa Projects Midnight Blue Tranquil Notebook Medium, Akasa Slate Grey Tranquil Notebool Small

UTAMAKAN KENYAMANAN

Proses peliputan akan terasa tidak nyaman apabila Anda mengenakan pakaian atau alas kaki yang tidak nyaman. Misalnya gunakan sendal jepit apabila sedang ingin menciptakan konten di daerah pantai, tapi jangan terapkan hal yang sama apabila Anda harus meliput di daerah perkotaan yang memerlukan banyak jalan kaki, kenakanlah sepatu yang beralas kaki empuk atau bisa juga gunakan sepatu skets.

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Shop The Product

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.