Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Tips Menggunakan Drone untuk Aerial Photography

Tips Menggunakan Drone untuk Aerial Photography

Walau kesannya mudah, mengambil foto aerial menggunakan drone ternyata tak semudah kelihatannya. Namun, jangan khawatir—tips-tips berikut akan membantu Anda untuk menghasilkan karya foto aerial berkualitas ciamik!

Jika dulu fotografi aerial biasa dilakukan secara manual langsung oleh sang fotografer dari atas udara, kini Anda dapat melakukannya dengan sekadar menggunakan drone. Meskipun begitu, mengambil foto aerial dengan menggunakan drone tetap saja susah-susah gampang dan membutuhkan kepiawaian khusus.

 

Kelihaian dalam mengendalikan drone tentunya adalah satu poin utama yang patut Anda kuasai sebelum hunting foto aerial menggunakan pesawat tanpa awak. Kualitas perangkat yang digunakan juga bisa jadi elemen penentu yang krusial untuk menentukan bagus atau tidaknya hasil foto aerial Anda. Akan tetapi, terlepas dari faktor-faktor tersebut, ada beberapa tips yang tetap dapat Anda terapkan untuk mengambil foto aerial Anda dengan menggunakan drone.

 

shutterstock_305415038

Image by dronesplayer.com

 

Pertama, pastikan firmware pada perangkat Anda sudah up to date. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan atau eror ketika menerbangkan drone, pastikan bahwa firmware yang terinstall pada perangkat Anda sudah diupdate hingga versi paling mutakhir.

 

Lakukan survey lokasi terlebih dahulu sebelum pergi hunting. Survey penting dilakukan ketika Anda hendak memotret foto aerial, sebab tak semua tempat mengizinkan penerbangan drone. Dengan melakukan riset kecil-kecilan menggunakan Google Maps, kemungkinan gigit jari bisa diminimalisir.

 

shutterstock_583871440

Image by Shutterstock

 

Perhatikan baik-baik regulasi penggunaan drone di kawasan Anda sebelum menerbangkannya. Pastikan bahwa Anda sudah membaca peraturan tertulis mengenai penerbangan pesawat tanpa awak di kawasan Anda secara mendetil agar tak tersandung pelanggaran hukum. Jangan lupa pula untuk memerhatikan lokasi-lokasi yang barangkali memerlukan izin khusus bagi para pilot drone untuk menerbangkan perangkatnya.

 

Monitorlah terlebih dahulu keadaan cuaca sebelum berangkat. Berkaitan dengan tips sebelumnya, langkah ini perlu dilakukan agar Anda dapat menghasilkan karya foto aerial yang apik tanpa harus merusak perangkat drone. Anda dapat membuka laman UAV Forecast untuk mendapatkan informasi ramalan cuaca dan lokasi penerbangan drone yang akurat dan mendetil.

 

Ken-Drone-Picture

Image by droneselect.com

 

Gunakan gimbal, terutama apabila Anda memang benar-benar ingin menekuni bidang fotografi ini lebih jauh. Kendati harganya cukup merogoh kocek, penggunaan gimbal memperkenankan Anda untuk mengambil foto dari atas langit dengan tingkat presisi yang tinggi. Jangan lupa untuk menyesuaikan perangkat gimbal Anda dengan drone yang Anda miliki, sebab tidak semua drone dapat mengakomodasi berat gimbal saat terbang.

 

Jika Anda tidak memiliki gimbal, bereksperimenlah dengan pengaturan drone Anda. Sesuaikan frame rate, zoom, dan resolusi kamera sesuai dengan preferensi Anda untuk mencapai hasil foto aerial yang maksimal.

shutterstock_522127369

Image by Shutterstock

 

Terbangkanlah drone Anda dalam ketinggian yang lebih dari biasanya, namun tetap di bawah batas yang diizinkan. Hal ini dilakukan agar kamera Anda dapat menangkap dan menjepret potret lanskap alam dari atas langit secara lebih luas, yang tentunya akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil foto aerial yang ciamik.

 

Manfaatkanlah pencahayaan alami dari matahari. Pencahayaan alami amat diperlukan untuk menghasilkan karya jepretan yang tajam dan jernih. Oleh sebab itu, pergilah hunting ketika cuaca sedang cerah-cerahnya.

 

IMG_0087-1024x768

Image by dronephotoshots.com

 

Siapkan baterai cadangan. Dengan mempersiapkan baterai cadangan, Anda tidak perlu merasa cemas dan terburu-buru saat menerbangkan drone. Daratkanlah perangkat Anda ketika baterai sudah mencapai angka 30 atau 20 persen, kemudian ulas dan tinjau hasil jepretan Anda. Jika Anda masih merasa kurang puas, terbangkanlah kembali drone Anda menggunakan baterai cadangan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Terakhir, rekam dan ambillah screenshot dari klip yang telah Anda ambil. Tip ini memang opsional, namun dengan merekam, Anda memiliki kesempatan untuk menyimpan lebih banyak momen yang sulit ditangkap melalui jepretan foto biasa. Kualitas dan resolusi gambar yang diambil menggunakan fitur screenshot memang terhitung relatif lebih buruk, namun setidaknya masih pantas dipakai untuk penggunaan web.

 

*) Featured image by invisionstudio.com

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.