Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Tip Mulai Menjadi Food Influencer

Tip Mulai Menjadi Food Influencer
  • SHARE
THE JOURNAL

Tip Mulai Menjadi Food Influencer

  • SHARE

Words & Photo by : | January 19, 2018

Jadi Anda ingin jadi seorang Food blogger atau influencer, ini tip dari fotografer profesional kami!

Jepretan foto sudah menjadi ritual bak doa, yang dilakukan saat seorang dihadapkan dengan hidangan. Tidak sedikit yang terobsesi untuk melanjutkan hobi sebelum menyantapnya itu, sebagai profesi, entah menjadi seorang food blogger, influencer instragram, atau Youtuber. Apabila hasrat untuk menjadi salah satu dari tiga profesi kekinian tersebut ada di dalam dada, berikut 5 hal yang patut mulai Anda persiapkan, demi menyajikan konten makanan dan minuman yang menarik.

TETAPKAN JENIS KONTEN YANG MEMBEDAKAN BLOG/AKUN ANDA

Sebelum merilis postingan blog atau foto pertama, ada baiknya menetapkan positioning dari situs atau akun, karena selain memudahkan untuk fokus selama proses pembuatannya, Anda dapat memberikan impresi yang jelas, terkait macam konten apa yang akan kerap tampil secara rutin kepada audiens. Hal ini kami pelajari dari akun @handsinframe yang secara jelas dari nama akunnya menginfokan ke audiens bahwa foto-foto pada feed Instagramnya, hanya akan melibatkan tangan, makanan dan minuman.

INVESTASI KAMERA

Kamera canggih dengan merek mentereng pastinya diasosiasikan dengan hasil foto atau video yang menakjubkan, namun kami percaya terhadap istilah "Man Behind The Gun" masih menjadi faktor menentukan dalam suatu karya kreatif, entah itu videografi atau fotografi, di sisi lain, memang prinsip "ada harga ada kualitas" tidak bisa dielakkan, tetapi bukan berarti kita baru bisa berkarya setelah kita bisa membeli kamera dengan harga sekian rupiah.

Yonathan, fotografer kami di Wearinasia menginfokan tiga prinsip yang ia terapkan saat sedang memilih kamera untuk keperluan food photography; Bentuk praktis selalu jadi prioritas, lensa dengan kemampuan bukaan diafragma yang cukup besar sehingga memberikan depth yang lebih pada gambar, dan kamera dengan ISO yang cukup tinggi, sehingga di restoran-restoran bergaya cahaya temaram, gambar yang dihasilkan tetap optimal.

KONSISTENSI & PENJADWALAN

Perlakukan blog atau akun media sosial Anda layaknya sebuah majalah atau koran, yang semuanya terjadwal dari proses produksi sampai jadwal posting-nya. Selain hal ini bermanfaat untuk mengelola ekspektasi audiens, konsistensi ini lebih memudahkan seorang kreator agar tidak mudah terkena krisis ide, karena proses berpikirnya sudah terlatih dalam jangka waktu tertentu.

KEASLIAN ATAU OTENSITAS

Terima kasih pada label "Paid partnership with" yang sekarang tampil di sisi atas post Instagram, kreator dididik untuk jujur, mana karyanya yang merupakan paid advertising dan mana yang organic. Keaslian dalam memberikan pendapat dan rekomendasi merupakan modal paling esensial bagi seorang food blogger atau influencer yang patut dijaga keseimbangannya, karena pastinya Anda tidak ingin dipanggil sebagai seorang yang sell out karena terlalu banyak memposting foto endorse berbayar.

JANGAN MENCURI KONTEN

...... karena tidak ada hal yang paling memalukan daripada saat sang empunya foto atau video memposting konten miliknya yang Anda curi, di akun atau blog-nya. Ingat kredibilitas adalah segalanya, apabila Anda berniat untuk mem-feature setidaknya memberikan apresiasi dalam bentuk tag, mention, atau embed sehingga audiens bisa menjangkau sumber konten.

BONUS: INSPIRASI PERLENGKAPAN ESENSIAL SELAMA FOOD BLOGGING

 

alteraaa

Dari kiri; Bellroy Hide & Seek Hi RFID Caramel, Bellroy All Condition Standard Black, iPhone 6, Kamera Mirrorless Fujifilm XE1

1. Notebook: Ide bisa datang kapan saja, metode terbaik agar tidak terbuang sia-sia, catat!

2. Slim Wallet Bellroy Hide & Seek Hi RFID Caramel: Tujuan Anda ke berwisata kuliner untuk membuat foto atau video yang menarik bukan? Jadi pastikan semuanya tetap terorganisir dengan ringkas menggunakan dompet berkapasitas besar namun ringkas secara desain agar tidak merepotkan selama perjalanan

3. Bellroy All Condition Standard Black: agar proses ambil gambar, fokus tidak terpecah karena khawatir smartphone terguyur kopi atau kuah makanan, gunakan proteksi phonecase yang optimal namun berdesain sederhana

4. Fujifilm XE 1: Apabila bujet untuk beli kamera terbatas, pertimbangkan beli kamera mirrorless menggunakan prinsip yang disebutkan sebelumnya. Intinya, jangan berkecil hati apabila kamera yang dimiliki atau dibeli tidak sementereng orang lain, karena yang terpenting adalah "Man Behind The Gun"!

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.