Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Tip Membuat Dokumenter dari Videografer dan Fotografer Alam Liar

Tip Membuat Dokumenter dari Videografer dan Fotografer Alam Liar
  • SHARE
THE JOURNAL

Tip Membuat Dokumenter dari Videografer dan Fotografer Alam Liar

  • SHARE

Words & Photo by : | May 23, 2017

Anda telah memiliki peralatan terkini dan ide cerita untuk menghasilkan dokumenter alam liar yang memukau. Trik-trik dari para pembuat film dunia ini diharapkan bakal 'meningkatkan nilai jual' karya Wearinasians.

Michael Moore, pembuat film Amerika yang telah memenangkan penghargaan Academy Awards atau Oscars, adalah orang yang perlu Wearinasians dengarkan sebelum terjun ke dunia dokumenter seterusnya. (Ia ingin membuat dokumenter tentang Donald Trump agar, ujarnya, 'kita dapat keluar dari kekacauan ini'.)

Seperti artikel yang ia sendiri tulis untuk situs berita khusus film independen dan industri film IndieWire, ia berpendapat bahwa prinsip pertama dalam membuat film dokumenter yakni jadikan dokumenter layaknya aturan Fight Club. "Aturan pertama dari 'Fight Club' adalah: Jangan bicara soal 'Fight Club'," tulisnya. "Aturan pertama dari dokumenter: Jangan buat dokumenter─buatlah film!"

Menurut Michael, setiap pembuat film harus memandang apa yang ia kerjakan sebagai suatu karya sinematik dan bukannya dokumenter. "Kenapa Anda tidak ingin membuat sebuah film? Karena kalau Anda bikin film, orang-orang mungkin sebenarnya akan pergi menonton dokumenter Anda!" tambahnya.

Michael Moore. Image by Crooks and Liars

Michael Moore. Image by Crooks and Liars

Alasannya? Sebab orang-orang tak peduli apakah Anda nantinya akan membuat mereka menangis, tertawa, atau 'menantang' mereka untuk berpikir sepanjang film. Namun mereka tak ingin digurui. Mereka ingin dihibur. Sebaiknya ciptakanlah suatu film yang punya unsur hiburan, namun sisipkanlah pesan dan bidang yang ingin Anda sampaikan ke publik.

Sekarang mari berkutat di teknis dokumenter alam. Pronghorn Productions, production house dengan spesialisasi fotografi maupun videografi alam dan margasatwa, menekankan pentingnya menggunakan tripod. Gunakan tripod (khususnya dengan fluid head) agar hasil rekaman tak goyah.

Selain itu, pastikan kamera atau alat perekam lainnya terus menyala supaya Anda tak ketinggalan sedetik pun momen berharga. Sediakan banyak kartu memori agar tak terhambat masalah kehabisan kapasitas video. Cara lainnya? Siapkan perekam dengan cache berikut dengan yang telah direkam sebelumnya selama enam sampai sepuluh detik dalam posisi buffer. Ketika seekor hewan menunjukkan gerak-gerik yang menarik, tekan tombol rekam dan Anda bisa melihat preview enam hingga sepuluh detik.

Pastikan perekam terus-menerus menangkap gambar di alam liar. Image by pressrelease.bangordailynews.com

Pastikan perekam terus-menerus menangkap gambar di alam liar. Image by pressrelease.bangordailynews.com

Perhatikan sudut pengambilan gambar pula. Misalnya, ambillah gambar dari tanah dan langsung menghadap ke wajah hewan. Namun, tetap saja perlu yang namanya mencoba dan menangkap sebanyak mungkin sudut menarik. Di sini, tripod memudahkan untuk merekam dari bawah.

Lalu, rekamlah sebanyak mungkin hal yang bisa Anda rekam. Tak perlu takut kebanyakan, sebab selalu ada proses penyuntingan. Karena itu terapkan tight shot, mid shot, dan wide shot untuk proses syuting.

Jangan lupa merekam hewan dan latar habitatnya. Image by squareeyed.tv

Jangan lupa merekam hewan dan latar habitatnya. Image by squareeyed.tv

Terakhir, selalu ingat untuk merekam habitat sekitar hewan-hewan tersebut. Menurut tulisan Pronghorn Productions, banyak pembuat film baru fokus kepada hewannya dengan tight shot yang apik. Padahal, lingkungan bisa memaparkan kisah yang ada secara lebih mendetail.

*) Image by squareeyed.tv

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.