Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

3 Tempat yang Bisa Segera Anda Sambangi untuk Belajar Freediving

3 Tempat yang Bisa Segera Anda Sambangi untuk Belajar Freediving

Meskipun freediving di Indonesia belum sepopuler menyelam pada umumnya, tiga tempat di Bali dan Lombok ini telah berbenah untuk menyambut tren yang bakal segera mewabahi para pelancong tanah air.

Freediving juga memiliki 'sekolah' layaknya sekolah menyelam demi memperoleh izin pada umumnya. Bagi Anda yang berhasil tergugah oleh video-video penyelaman ekstrem di YouTube, silakan pertimbangkan untuk menguasai teknik-tekniknya di tempat-tempat berikut.

FREEDIVE GILI

Menurut para pengelola Freedive Gili, Gili Trawangan adalah tempat yang tepat untuk berlatih freediving. Di pulau di antara Bali dan Lombok itulah lokasi Freedive Gili bertempat. Memiliki instruktur-instruktur asal Inggris Raya, Selandia Baru, Ukraina, Swedia, dan Swiss/Italia -- Anda dapat memilih tiga jenis kelas penyelaman.

Freediving di Gili Trawangan. Image by freedivegili.com

Untuk tingkat satu, misalnya, Anda bakal mempelajari bentuk terdasar dari menyelam. Anda akan memahami teknik-teknik pernapasan yang baik, pernapasan diafragmatik, dan bagaimana cara bernapas dalam-dalam. Usai menjalani pembelajaran dua hari ini, diharapkan Anda mampu menyelam sampai kedalaman 20 meter dengan rileks dan aman pula.

Sedangkan tingkat kedua adalah pemahaman mengenai refleks dan menjadi lebih luwes di kedalaman yang semakin tinggi. Diharapkan peserta mampu menyelam 20 sampai 30 meter di bawah permukaan. Untuk tingkat ketiga, Anda bisa menyelam hingga 40 meter dan kemampuan beradaptasi untuk bernapas di bawah volume residual paru-paru.

Info lebih lanjut: www.freedivegili.com

APNEA BALI

Dengan pengalaman mengajar lebih dari delapan tahun, Apnea Bali menawarkan edukasi freediving formal mengikuti sistem PADI dan AIDA (standar internasional di bidang penyelaman) maupun pelatihan untuk aspek-aspek freediving tertentu. Inilah satu-satunya institusi freediving di daerah Tulamben, Bali.

Bersiap menyelam ke laut dalam di Apnea Bali. Image by apneabali.com

Bersiap menyelam ke laut dalam di Apnea Bali. Image by apneabali.com

Tak perlu khawatir, kalau Anda baru pertama kali ingin mencoba freediving, pertimbangkan untuk mengikuti kursus Discover Freediving yang hanya berlangsung setengah hari. Apa sajakah yang bakal dipelajari? Kursus kilat tersebut mencakup perkenalan pada freediving, latihan pernapasan, dan latihan menahan napas.

Atau ikuti saja kursus level lanjutan seperti Freediver, Freediving Advanced, serta Freediving Master yang masing-masing berlangsung dua hari, tiga hari, sampai empat hingga lima minggu. Menarik?

Info lebih lanjut: apneabali.com

FREEDIVE FLOW

Bertempat di Gili Air, Freedive Flow juga merupakan alternatif belajar menyelam di laut dalam yang baik jika Anda bosan dengan suasana Gili Trawangan maupun Bali. Freedive Flow didirikan dan dikelola oleh Oli Christen, instruktur dengan sertifikasi AIDA dan PADI dan penulis berbagai materi pembelajaran AIDA. Ia juga anggota organisasi PADI Freediver Advisory Board (terkait dengan badan penasihat).

Hanya satu kalimat: freediving itu seru! Image by freediveflow.com

Hanya satu kalimat: freediving itu seru! Image by freediveflow.com

Sebelum mendaftar, tak salah untuk memahami perbedaan freediving AIDA maupun PADI terlebih dahulu. Kelas AIDA terbagi dalam empat tingkatan, dari benar-benar awal sampai master. Lain juga dengan kelas PADI yang bermula dari dua hingga lima hari, tergantung kebutuhan dan kelihaian Anda dalam menaklukkan laut dalam.

Info lebih lanjut: freediveflow.com

*) Featured image by freediveblog.com

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.