Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Taktik Jitu Rock Climbing yang Penting Dipelajari untuk Pemula

Taktik Jitu Rock Climbing yang Penting Dipelajari untuk Pemula
  • SHARE
THE JOURNAL

Taktik Jitu Rock Climbing yang Penting Dipelajari untuk Pemula

  • SHARE

Words & Photo by : | August 14, 2017

Sekalipun sering menjadi momok bagi masyarakat awam, memanjat tebing nyatanya bisa menjadi sebuah kegiatan yang mengasyikkan apabila dilakukan dengan teknik dan taktik yang benar.

Bagi masyarakat awam, kegiatan memanjat tebing memang sering menjadi sebuah momok tersendiri. Alih-alih menambah rasa antusias dan penasaran, banyak orang yang justru ciut saat diperhadapkan dengan berbagai risiko yang mengintai saat tubuh dibawa melawan gravitasi.

 

Oleh sebab itu, adalah penting bagi para pemula untuk rajin mengasah pengetahuannya mengenai rock climbing demi meminimalisir segala kemungkinan risiko yang ada. Seperti dilansir dari rei.com, berikut adalah beberapa taktik dasar yang wajib diketahui sebelum Anda memulai pemanjatan pertama Anda.

 

Harnois_072716_0875_Main

Image by rei.com

 

Berkonsentrasilah pada pergerakan kaki

Mungkin kedengarannya klise, namun pada kenyataannya, banyak pemanjat yang justru memfokuskan gerakannya pada kekuatan tangan dan lengan. Padahal, sama halnya seperti menaiki tangga, pergerakan kaki punya peran yang fundamental dalam kegiatan memanjat tebing.

 

Untuk memaksimalkan gerak kaki Anda, ada tiga taktik yang dapat Anda aplikasikan dalam kegiatan panjat tebing Anda.

 

Pertama, pertahankan posisi kedua kaki Anda agar tetap berada dalam jarak pandang Anda. Selain itu, cobalah untuk memfokuskan pandangan Anda untuk mencari pijakan kaki alih-alih pegangan tangan.

 

Kedua, mantapkanlah posisi kaki setelah Anda memijakkannya pada tumpuan kaki pilihan Anda.

 

Ketiga, rendahkanlah tumit Anda sehingga Anda dapat merapatkan tubuh pada medan panjatan. Taktik ini berfungsi untuk mengurangi gesekan dan mempermudah gerakan kaki saat Anda hendak memanjat lebih tinggi.

 

 

a8bopc1o1hxy

Image by reddit.com

 

Pertahankan keseimbangan tubuh Anda

Mempertahankan keseimbangan saat memanjat tebing bisa jadi sebuah hal yang mudah atau justru sulit, tergantung dengan medan panjatan yang harus Anda hadapi. Namun, terlepas dari itu, ada satu taktik yang tetap dapat Anda terapkan saat memanjat untuk meraih keseimbangan maksimal: Bersandarlah sepenuhnya pada dinding panjatan dan gunakan berat tubuh Anda sebagai penyeimbang.

 

MG_5871-1200x800

Image by Apollo Media

 

Memanjatlah secara efisien

Efisiensi adalah salah satu faktor krusial yang dapat menentukan kenyamanan dan keamanan Anda selama memanjat tebing. Untuk meningkatkan ketepatan dan kegesitan panjatan Anda, terapkanlah beberapa taktik berikut.

 

Pertama, jangan pernah menekuk siku. Posisi lengan yang lurus akan membantu Anda untuk menggunakan lebih sedikit tenaga, sebab Anda menumpukan berat tubuh Anda pada kerangka tubuh alih-alih otot.

 

Kedua, terus perhatikan posisi pinggul Anda, sebab posisi pinggul dapat menentukan seberapa banyak tenaga yang harus Anda gunakan selagi memanjat tebing.

 

Ketiga, jangan lengah dan pusatkan perhatian Anda sepenuhnya pada medan panjatan Anda.

 

Keempat, luangkanlah sedikit waktu untuk beristirahat. Memanjat tebing bisa jadi kegiatan yang amat melelahkan, jadi berikanlah kesempatan bagi tubuh Anda untuk beristirahat sejenak sebelum Anda melanjutkan pemanjatan.

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.