Sebelum Pergi Hiking, Coba Dulu 4 Pose Yoga Ini!

Mendaki gunung memang sebuah kegiatan penuh risiko yang membutuhkan persiapan ekstra. Tanpa perencanaan matang, kegiatan hiking yang seharusnya menyenangkan bisa jadi berujung petaka. Kesiapan fisik tentunya jadi satu dari sekian faktor paling krusial yang wajib diberi perhatian lebih sebelum para calon pendaki memulai perjalanannya menjelajahi gejolak alam rimba yang sulit diprediksi.

 

Sebagai jenis olahraga yang menitikberatkan kegiatannya pada pentingnya konsentrasi dan stamina tubuh, yoga adalah pilihan pas bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk mendaki gunung. Seperti dilansir dari yogajournal.com, berikut adalah empat pose yoga yang dijamin akan membantu membangun kekuatan fisik dan kestabilan postur Anda sebelum petualangan Anda yang sesungguhnya dimulai.

 

Shiva Squats

Manfaat: mengencangkan otot betis dan bokong, memperbaiki dan menjaga kestabilan langkah kaki Anda selama mendaki.

 

yoga_hike_277_02-3_fnl

Image by yogajournal.com

 

Tarik napas dan angkatlah kaki kanan Anda. Kemudian, langkahkan kaki yang sama ke depan, membentuk posisi lunge. Letakkan kedua tangan Anda di atas lantai dan dorong kembali kaki kanan Anda ke belakang. Setelah itu, rentangkan kedua kaki Anda selagi Anda menarik napas. Saat Anda membuang napas, tekuklah kedua kaki Anda dan selipkan lutut kiri Anda di balik lutut kanan. Ulangi 5 hingga 10 kali dengan masing-masing kaki.

 

Janu Dandasana

Manfaat: mengencangkan otot paha depan, paha belakang, dan bokong. Pose ini juga berguna untuk membangun stabilitas dan stamina fisik Anda, terutama untuk pendakian yang panjang.

 

yoga_hike_277_04_fnl

Image by yogajournal.com

 

Berlututlah dan biarkan punggung kaki Anda menyentuh lantai. Lipatlah kedua tangan Anda di depan dada dan mundurkan punggung Anda perlahan-lahan tanpa menekuk pinggul, punggung bawah, maupun leher. Ulangi 5 hingga 10 kali.

 

Anjaneyasana

Manfaat: meregangkan otot fleksor pinggul yang akan terlibat dalam setiap langkah pendakian Anda.

 

yoga_hike_277_05_fnl

Image by yogajournal.com

 

Bersiaplah dalam posisi lunge dengan kaki kanan sebagai tumpuan bagi kedua tangan Anda. Sementara lutut kiri Anda menyentuh lantai, rasakan peregangan yang terjadi di bagian kaki dan fleksor pinggul Anda. Tahan selama 10 tarikan napas, lakukan dengan masing-masing kaki.

 

Prasarita Padottanasana

Manfaat: meregangkan otot hamstring, betis, bokong, punggung, dada, dan bahu.

 

yoga_hike_277_06_new_fnl

Image by yogajournal.com

 

Rentangkan kedua tangan Anda. Kemudian, pijakkan kedua kaki Anda sejajar dengan rentangan tangan Anda sebelumnya. Pertemukan kedua tangan Anda di balik punggung dan lipatlah jemari Anda (atau gunakan strap apabila Anda merasa tubuh Anda tidak cukup lentur untuk melakukannya). Secara perlahan, bungkukkanlah punggung Anda ke depan hingga kepala Anda ikut menyentuh lantai apabila memungkinkan. Tahan selama 10 tarikan napas.

 

*) Featured image by houseofcoco.net.

Rachel Manuella - August 10, 2017
← Previous Post Next Post →