Review: Garmin Fenix 5S, Apa Bedanya dengan Garmin Fenix 5 Lainnya

Secara desain, Fenix 5S lebih tidak bulky dibandingkan saudara Fenix 5 dan 5X, sehingga lebih nyaman untuk digunakan selama kegiatan sehari-hari jika dibandingkan dengan Fenix 5 lainnya. Diameternya 5 mm dibawah Fenix 5 (47 mm) 42mm, untuk pergelangan tangan saya yang tidak besar-besar amat, ini terasa seperti jam Garmin yang sedikit mungil yang pernah saya coba. Di sisi lain secara fungsional Garmin Fenix 5S tetaplah jam canggihnya para penggemar olahraga, terutama yang hobi lari, sepeda, dan berenang. Jadi kalau ingin utilitas Fenix 5 namun bentuk yang lebih terlihat ringan, Fenix 5S bisa jadi pilihan Anda, karena utilitasnya cenderung sama.

 

"Jadi kalau ingin utilitas Fenix 5 namun dengan bentuk yang lebih terlihat ringan, Fenix 5S bisa jadi pilihan Anda. karena utilitasnya cenderung sama"

LAYAR

 

 

Walau lebih mungil, Garmin 5S layarnya resolusi 218x218 sedikit selisihnya dengan Fenix 5 yang memiliki resolusi 240x240. Untuk kejelasan data, saya bisa pastikan cukup nyaman baik saat di keadaan gelap atau terang, karena dengan memencet tombol di kiri atas akan ada bantuan lampu yang menyala pada layar.

TINGKAT USER FRIENDLY KONTROL

Sama juga seperti Fenix 5, ada lima tombol disamping bezel yang terbagi di dua sisi: tiga kiri dan dua kanan. Berikut fungsinya (secata berurutan dari atas):

 

Tombol di sisi kiri bezel

 

 

  • Atas: Menyalakan lampu backlight
  • Tengah: Untuk scroll antar opsi/ke arah atas
  • Bawah: Untuk scroll antar opsi/ke bawah

 

Tombol di sisi kanan bezel

 

 

  • Atas: Untuk memilih suatu opsi (tombol yes)
  • Bawah: Untuk memilih mundur dari suatu opsi (tombol no)

FITUR GARMIN FENIX 5S: QUICK START PENGGUNAAN

 

 

Ingin lari? Klik tombol kanan atas untuk memulai perekaman (baca: tracking), begitu ada opsi run, cukup pencet kembali tombol yang sama dan begitu juga untuk menyetop, sedangkan untuk memilih kegiatan lainnya seperti trail running, swimming dan lainnya. Bagaimana jika aktifitas tidak langsung muncul secara langsung? Cukup pilih menu "Adduntuk dipilih dan dijadikan tampilan favorit (tampil langsung).

DATA APA SAJA YANG BISA KITA KETAHUI DARI FENIX 5S?

Garmin mendesain Fenix 5S untuk mampu merekam dan menunjukkan beragam data, namun bagi yang baru pertama kali menggunakan jam tangan Garmin, kemampuan menangkap data Garmin bisa terasa berlebih sehingga perlu waktu untuk memahaminya. Namun sebagai permulaan, pengguna yang hobi lari dapat memperhatikan hal-hal dasar berikut ini saja:

  • Perekaman data lari: Merekam jarak, waktu, dan pace
  • VO Max: Skor VO Max cukup baik untuk diketahui untuk mengetahui seberapa bugar Anda
  • Recovery Hours/Rekomendasi lama istirahat sebelum sesi aktivitas/latihan selanjutnya, hal ini penting, karena kita sama-sama percaya kalau latihan yang berlebihan tidak ada faedahnya untuk kesehatan
  • Race Predicator, ini jadi favorit saya, karena bagi pekerja kantoran yang mungkin punya waktu terbatas untuk berlatih lari full marathon terlalu sering, prediksi dari pencapaian waktu pengguna untuk lari jarak 5K, 10K, half marathon, dan full marathon cukup membantu untuk memberi gambaran peforma lari pengguna apabila harus benar-benar berlari pada jarak tersebut.
  • Trackback, menurut saya hal ini adalah pembeda paling signifikan antara berlari menggunakan  aplikasi Nike Running Club dengan menggunakan jam Garmin yang notabene harganya cukup premium. Dengan Trackback, pelari dapat menyimpan perekaman data lari dari titik A ke titik B dan kembali lagi ke titik A. (dengan kondisi GPS menyala)

HEART RATE

 

 

Tergantung seberapa hardcore pengguna sebagai seorang pelari, namun bagi saya yang hanya meluangkan waktu untuk melakukan 3-4 kali lari sejauh 7KM setiap minggunya, heart rate pada Garmin Fenix 5S cukuplah memuaskan, walaupun beberapa sumber mengatakan, salah satu chest strap dari Polar masih menjadi benchmark wearable pengukur heart rate.

APLIKASI GARMIN

Untuk tingkatan pelari yang biasanya hanya menggunakan aplikasi pada ponsel, memahami ragam opsi beserta kegunaannya pada Garmin 5S memerlukan waktu belajar yang cukup signifikan, karena entah mengapa user experience dari aplikasi Garmin Connect tidak senyaman aplikasi-aplikasi olahraga lainnya yang pernah saya coba gunakan seperti MyFitnessPal dan Nike Running Club.

 

Image by windowscentral.com

 

Dan bagi pelari yang rajin berbagai performa lari di media sosial, hampir boleh dibilang tidak ada yang spesial, data yang dapat dibagikan hanyalah data standar semacam waktu dan yang dapat disandingkan dengan foto.

BATERAI

 

 

Di atas kertas penggunaan dapat bertahan sampai 9 hari saat penggunaan biasa dan 14 jam, saat GPS menyala. Performa ini sedikit lebih singkat dibandingkan saudara Garmin Fenix 5 lainnya, dikarenakan ukuran baterai yang lebih kecil. (disklaimer: ketahanan baterai dapat berbeda, tergantung pemakaian dan masa penggunaan alat).

KESIMPULAN

  • Beli kalau: Anda adalah pelari atau pecinta olahraga lainnya, yang memiliki growth mindset alias ingin terus memperbaiki performa, karena Garmin Fenix 5S kaya akan data analytics yang mendalam. Apabila Anda merindukan teknologi GPS canggih dengan tampilan elegan dan terlihat lebih ringan.
  • Jangan beli kalau: Hanya sekedar untuk merekam jarak lari
    Andrew Gunawan - November 6, 2017
    ← Previous Post Next Post →