Get your travel essential, disc up to 50% off : SHOP NOW
THE JOURNAL

Review DJI Mavic Air: Bedanya dengan DJI Mavic Pro (Bagian 1)

Review DJI Mavic Air: Bedanya dengan DJI Mavic Pro (Bagian 1)

Penasaran dengan spesifikasi, harga, ketinggian, dan fitur DJI Mavic Air dan bedanya dengan DJI Mavic Pro, berikut rangkumannya.

UPDATE: Ini hasil review DJI Mavic Air kami (bagian 2 dari artikel ini)

Ulasan DJI Mavic Air banding DJI Mavic Pro ini, ditujukan buat Anda yang sudah bertanya-tanya tentang harga DJI Mavic Air, Spek Mavic Air, dan ketersediaan Mavic Air di Indonesia. Terkait ketersediaan Mavic Air, tentunya harus menunggu proses sebelum bisa masuk resmi di Indonesia, karena memerlukan perijinan dan salah satunya sertifikast POSTEL yang prosesnya cukup memakan waktu (Google saja maknanya).

Begitu juga dengan harga, harga rilis DJI Mavic Air memang sudah terpampang di Youtube dan beragam situs ulasan teknologi lainnya namun saat masuk pastinya ada penyesuaian karena setiap negara memiliki peraturan yang harus diikuti. Jadi apabila bila harus menjawa kapan waktu tepatnya? Belum ada tanggal yang bisa dirilis secara resmi (kecuali Anda berharap membeli produk black market, hal yang tidak pernah kami sarankan karena akan repot klaim garansinya).

Review Perbandingan DJI Mavic Air dan Mavic Pro

Perbandingan ukuran antar DJI Mavic Pro dan air sangat kentara berdasarkan riset saya

Pada review DJI Mavic air dan perbedaannya DJI Mavic Pro yang pertama ini, kami hanya menuangkan kembali beberapa pendapat dari beberapa Youtuber terkenal dan data spesifikasi dari DJI. Karena kami baru akan memberikan ulasan langsung alias hands on review saat kami mendapat jatah mengulas di bulan Februari atau awal Maret, oleh karena itu, pastikan Anda membaca bagian kedua dari artikel ini.

Poin-poin perbandingan yang kami rangkum dibagi berdasarkan intensitas pertanyaan yang dilontarkan pada customer solutions kami di Wearinasia.com, adapun sebagai berikut:

HARGA DJI MAVIC AIR DIBANDING DJI MAVIC PRO (HARGA RILIS)

Harga DJI Mavic Pro saat dirilis $999 = Rp14.990.000,-

Harga DJI Mavic Pro Combo (Fly More) saat dirilis $1299 = Rp19.200.000,-

Harga DJI Mavic Air saat dirilis= Rp12.700.000,- an

Harga DJI Mavic Air Combo (Fly More) = Rp15.900.000,- an

Jadi bila bicara dari posisi harga DJI Mavic Air ada diantara DJI Mavic Pro (lebih mahal) dan DJI Spark (termurah).

PERBANDINGAN SPEKSIFIKASI KAMERA DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

Resolusi kamera DJI Mavic Air bisa menangkap maksimal pada 4K/30FPS atau setara dengan DJI Mavic Pro. Namun untuk 2.7K Mavic pro lebih unggul pada 60 FPS sedangkan Mavic Air pada 30 FPS. Dan bagi pengguna yang ingin menangkap gambar dengan detil yang lebih jernih, performa DJI Mavic Air sampai 100megabit/second sedangkan DJI Mavic Pro 60megabit/second.

Kamera DJI Mavic Pro mampu mengambil foto pada 12.71MP sedangkan Mavic Air 12MP

PERBANDINGAN SENSOR DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

DJI Mavic Air memiliki sensor yang lebih maju dengan bantuan 7 kamera sensor, yang pada pengaplikasiannya memampukan drone untuk tidak hanya berhenti saat di depannya terdapat rintangan, tetapi bisa juga langsung mengitari rintangan tersebut (sesuatu yang akan kami coba nanti saat mencobanya langsung).

PERBANDINGAN AXIS GIMBAL DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

Keduanya memiliki 3 axis gimbal

PERBANDINGAN SINYAL DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

DJI Mavic Air mengandalkan sinyal Wi-Fi sedangkan Mavic Pro Radio, berdasarkan banyak pengalaman pengguna drone dan termasuk kami di Wearinasia, sinyal Wi-Fi rentan terkena gangguan, terutama apabila kita terbang di area yang dikelilingi gedung-gedung tinggi dengan beragam sinyal, entah itu Wi-Fi atau tegangan.

FITUR CERDAS DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

DJI Mavic Air menawarkan smart capture, iterasi lebih lanjut dari yang sudah ada di DJI Spark. Dengan memberikan sinyal tangan berbentuk peace atau kotak Mavic Air akan mulai menjepret foto atau merekam video. Sedangkan saat melebarkan kedua tangan secara horizontal Mavic Air akan menjauh dan mendekat dengan gerakan yang sebaliknya.

Apabil Anda bertanya apakah ini fitur yang sangat terpakai saat melakukan peliputan, jawabannya berdasarkan pengalaman kami, tidak. Tetapi apabila Anda adalah pengguna drone rekreasional, fitur ini mungkin menarik karena sejenak Anda bisa merasa seolah memiliki The Force bak seorang Jedi di film Star Wars.

Fitur Asteroid, memampukan drone untuk mengambil gambar dan mentransfer bentuk gambarnya menjadi seperti gambar bumi (mirip dengan fitur di GoPro Hero 6) dan Boomerang drone akan merekam dalam gerakan mengitari pengguna.

KECEPATAN DAN KETINGGIAN TERBANG DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

Definisi kecepatan terbang di sini ialah pada mode sport yang tersedia di kedua Mavic. DJI Mavic Air lebih inferior dengan 65KM/Jam dan Mavic Pro dengan 68KM/Jam. Dan untuk ketinggian DJI Mavic Air 4KM sedangkan Mavic Pro 7KM, namun pada umumnya jarak atau tinggi rata-rata pengoperasian drone di kisaran 300M sudah cukup dan di negara-negara tertentu juga sudah mulai dibatasi karena mengingat faktor keselamatan.

KESTABILAN TERBANG DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

Beberapa pengulas yang sering kami jadikan acuan seperti Jon Ollson dan Casey Neistat, secara tidak langsung sepakat bahwa walaupun pada kaki DJI Mavic Air ada directional antenna untuk mengoptimalkan kestabilan, desain badan aircraft dari Mavic Pro yang lebih besar, terbukti lebih stabil dibandingkan DJI Mavic Air.

KESUNYIAN TERBANG DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

Menurut video yang diunggah iPhonedo, DJI Mavic Air terdeteksi lebih bising dengan 82/dba dibandingkan DJI Mavic Pro dengan 77.3/dba.

DESAIN, UKURAN DAN BERAT DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

Untuk ukuran DJI Mavic Air ada di antara transisi Mavic Pro dan Spark

Untuk desain karena kami memiliki DJI Mavic Pro dan kami sudah melihat beberapa video ulasan Mavic Air, nampaknya Mavic Air secara desain lebih memiliki kesan sleek dan clean, di sisi lain DJI Mavic Pro masi terasa sedikit seperti proyek purwarupa bila disejajarkan bersamaan. Dari sisi ukuran, DJI Mavic Air lebih kecil dibanding DJI Mavic Pro dan lebih besar dibanding DJI Spark, dengan berat 430gram saja, jika dibandingkan dengan Mavic Pro pada 734gram.

INTERNAL STORAGE DJI MAVIC AIR & DJI MAVIC PRO (ON PAPER)

Menurut kanal Youtube Toms Tech Time, DJI Mavic Air memiliki internal storage sehingga apabila Micro SD Anda penuh dan sesi shooting masih berlanjut masih ada kapasitas serep.

Bagaimana pendapat Anda mengenai DJI Mavic Air? Tunggu artikel bagian kedua dari review DJI Mavic Air pada akhir bulan Februari atau Awal Maret, agar tidak ketinggalan pastikan kalian sudah subscribe mailing list dan Youtube Wearinasia.

Sumber spesifikasi resmi DJI Mavic Air dan DJI Mavic Pro Combo:

https://www.dji.com/mavic-air/info#specs

https://www.dji.com/mavic/info

Sumber referensi informasi pada artikel ini dapat dilihat di:

Leave A Comment
  • andi

    Kesimpulannya gimana Gan...
    Mavic Air atau Mavic Pro ..?

Shop The Product

Kemudahan Berbelanja

Freeshipping

Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

Cicilan 0%

Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

100K Voucher

Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.