REVIEW: Beda DJI Phantom vs DJI Mavic vs DJI Spark, Drone Mana yang Paling Cocok untuk Pemula?

DJI Products

 

DJI Phantom, DJI Mavic, DJI Spark—ketiga nama produk ini tentu sudah tak asing lagi di telinga pecinta drone. Namun, bagaimana dengan para pemula yang baru saja menekuni dunia pesawat tanpa awak? Produk manakah yang sebaiknya dibeli terlebih dulu?

 

Jangan khawatir, jangan cemas—Wearinasia telah menyiapkan ulasan dan perbandingan di antara ketiga produk DJI tersebut yang mudah-mudahan akan membantu Anda untuk memilih drone pertama Anda.

 

DJI Spark

Bentuk mini dalam balutan warna bak pelangi memang membuat drone ini sekilas terkesan seperti mainan. Namun, jangan salah—spesifikasinya jauh dari kata main-main! Drone seukuran saku ini mampu terbang dengan jarak maksimal sejauh 1 km (menggunakan remote control) dengan durasi terbang hingga 16 menit. Kamera 12 MP dan gimbal dua sumbu yang tersemat dalam drone ini pun mampu memberikan hasil rekaman yang stabil dan berkualitas baik.

 

DJI Spark Meadow Green

Image by CNET

 

DJI Spark yang terdiri dari 5 warna (Alpine White, Sunrise Yellow, Lava Red, Meadow Green, Sky Blue) ini cocok digunakan untuk penggunaan kasual sehari-hari, seperti misalnya untuk merekam momen-momen indoor maupun sekadar berswafoto. Tak cuma itu, drone ini juga dapat dikendalikan cukup melalui lambaian tangan melalui mode gesture control ala Jedi. Keren!

 

 

 

Dibanderol dengan harga 8 jutaan, DJI Spark adalah pilihan yang tepat bagi para pemula yang masih amatir dan baru iseng-iseng mendalami dunia drone. Drone ini juga pas digunakan bagi para vlogger dan petualang yang mengutamakan portabilitas maksimal.

 

DJI Mavic Pro

Walau sama-sama memiliki ukuran yang relatif kecil, desain DJI Mavic Pro yang terkesan lebih tangguh dan profesional cukup menunjukkan kapabilitasnya yang notabene lebih mumpuni ketimbang Spark. Berbeda dari DJI Spark, DJI Mavic Pro memiliki kaki yang dapat dilipat, memudahkannya untuk dibawa ke mana-mana. Selain itu, drone ini dilengkapi dengan gimbal 3 sumbu yang mampu merekam video 4K dan foto dengan resolusi sebesar 12 MP. Drone ini mampu terbang selama 27 menit dengan jarak maksimal sejauh 7 km.

 

DJI Mavic Pro

 

DJI Mavic Pro dilengkapi dengan sistem transmisi OcuSync yang memungkinkan Anda untuk menyaksikan siaran langsung dari atas langit dengan kualitas hingga 1080p. Drone ini juga dibekali dengan fitur active track yang dapat melacak atau mengikuti pergerakan suatu obyek.

 

 

Dibanderol dengan harga 14,9 jutaan, DJI Mavic Pro adalah pilihan yang tepat digunakan bagi para pecinta pesawat tanpa awak yang menginginkan drone portabel dengan baterai tahan lama dan hasil gambar berkualitas tinggi. Selain itu, drone ini juga pas digunakan bagi para petualang maupun fotografer pemula yang baru mulai menjajal dunia fotografi aerial.

 

DJI Phantom 4 Pro

Sebagai penerus dari seri Phantom sebelumnya, Phantom 4 Pro menghadirkan berbagai fitur jempolan dengan teknologi super canggih. Dibanding pendahulunya, drone ini mampu merekam video berformat 4K dalam kecepatan 60fps. DJI pun turut mempermak ketahanan baterai DJI Phantom 4 Pro sehingga drone ini mampu mengudara selama 30 menit.

 

DJI Phantom 4 Pro

Image by Digital Trends

 

Dengan adanya sensor ekstra yang mampu mengaktifkan sistem penghindar rintangan dari berbagai sisi, Phantom 4 Pro dijamin aman selama terbang di langit dengan jarak maksimum hingga 7 km. DJI Phantom 4 Pro juga dilengkapi dengan mode Sport yang membuat drone ini mampu melesat terbang dalam kecepatan hingga 45 mph.

 

Selain itu, drone ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur premium seperti:

  • Draw yang memungkinkan Anda untuk menggambar rute untuk diikuti oleh drone
  • ActiveTrack yang memungkinkan drone untuk melacak/mengikuti pergerakan suatu obyek tertentu
  • TapFly yang memungkinkan Anda untuk menerbangkan drone ke suatu lokasi dengan cukup mengetuk layar LCD
  • Return to Home yang memungkinkan drone untuk merekam rute selama terbang dan memilih rute mana yang paling efektif untuk kembali ke titik awal penerbangan
  • Gesture Mode yang memungkinkan Anda untuk mengendalikan drone melalui gestur tubuh

 

 

Dibanderol dengan harga 21,6 jutaan, DJI Phantom 4 Pro adalah sebuah drone prosumer dengan fitur premium yang cocok digunakan bagi para fotografer atau filmmaker yang mendambakan hasil karya dengan kualitas terbaik.

 

Perbandingan

Perbandingan DJI Spark vs DJI Mavic Pro vs DJI Phantom 4 Pro

 

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, DJI Spark jelas menang sebagai pilihan paling pas bagi Anda yang sama sekali baru memulai hobi bermain drone untuk sekadar iseng. Selain dibekali kontrol yang mudah dan spesifikasi yang sudah cukup mumpuni untuk kelasnya, harga drone ini pun terhitung relatif murah.

 

Meski begitu, DJI Spark tidak begitu direkomendasikan bagi Anda yang ingin betul-betul mendalami dunia pesawat tanpa awak. Pilihlah DJI Mavic Pro (untuk kebutuhan pribadi) atau DJI Phantom 4 Pro (untuk kebutuhan yang lebih profesional) apabila Anda ingin menekuni drone secara serius, sebab kedua drone ini sama-sama dilengkapi fitur premium yang tentunya akan menunjang ambisi Anda untuk menjadi seorang pilot drone profesional.

 

*) Featured image by удо техники

    Rachel Manuella - October 19, 2017
    ← Previous Post Next Post →