Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Meretas Mitos Bertahan Hidup di Hutan Bebas

Meretas Mitos Bertahan Hidup di Hutan Bebas
  • SHARE
THE JOURNAL

Meretas Mitos Bertahan Hidup di Hutan Bebas

  • SHARE

Words & Photo by : | May 24, 2017

Pernyataan-pernyataan yang salah ketika hidup di alam liar dan realita yang sesungguhnya. Faktanya, 'melebur' dengan alam tak semudah yang dibayangkan.

Jika Anda memutuskan untuk hidup di hutan bebas sementara waktu, film-film maupun dokumenter-dokumenter sejenislah yang akan Anda jadikan acuan.

Namun bagaimana kalau Wearinasians mendengarkan langsung pengalaman seseorang yang dengan beraninya tinggal sendirian di alam terbuka selama setengah tahun? Apa yang selama ini terbayang tentang bertahan hidup di alam liar bakal seketika terpatahkan.

Seperti dilansir toptenz.net, berikut kisah anggota toptenz.net bernama strangelove mengenai sepuluh hal yang orang lain tak beritahu soal tinggal di alam liar.

HUTAN TAK AKAN SETERANG ITU SEKALIPUN ADA API

Penulis memaparkan kalau hutan tak hanya gelap di malam hari, tapi benar-benar gelap karena pepohonan yang menyelimutinya. Amatlah gelap sampai-sampai ia tak dapat melihat tangannya di depan mata.

Bayangkanlah hutan yang lebih gelap dari gambar ini. Image by wallpapercave.net

Bayangkanlah hutan yang lebih gelap dari gambar ini. Image by wallpapercave.net

Bagaimana kalau di malam hari dan tak ada cahaya sama sekali? Ia terpaksa melewati waktu hanya dengan berbaring dan menunggu matahari terbit. Meski ancaman anjing hutan dan singa gunung yang bisa muncul dari kegelapan, namun tikus justru membuatnya lebih takut. Pasalnya, tikus-tikus mengincar makanan dan dapat mengganggu Anda sepanjang malam. Ternyata, hutan di malam hari tak seterang adegan-adegan film saat berkemah.

DAN MEMBUAT API TERNYATA TAK SEMUDAH YANG DIPIKIRKAN

Strangelove sebenarnya telah membuat banyak sekali api, tapi mempertahankannya sepanjang malam agar terus-menerus menyala adalah sesuatu yang sangat sulit. Bisa berbahaya juga jika kurang berhati-hati.

"Karena tertidur lelap adalah lawan kata dari berhati-hati, Anda tak akan punya api untuk waktu yang lama kecuali Anda merelakan waktu tidur," tulis strangelove.

Sulit untuk memastikan api unggun tetap menyala sepanjang malam. Image by news1130.com

Sulit untuk memastikan api unggun tetap menyala sepanjang malam. Image by news1130.com

Ada masalah juga untuk memastikan api tetap membara. Anda harus menambah kayu bakarnya setiap setengah jam supaya api bertahan hangat. Karena berjalan sendirian di kegelapan merupakan cara yang baik untuk terkilir atau tersesat, sang penulis hanya ditemani api kecil semalaman.

Ya, api nyatanya tak bakal menyala sampai pagi layaknya di film-film.

BISA SAJA BERUBAH GILA

Pengalamannya di alam liar memengaruhi mentalnya; efek-efek tinggal di alam terbuka benar-benar ia rasakan. Dua hal tersebut yakni halusinasi dan serangan 'hantu'.

Mengapa bisa? Ia terlalu lama mengawasi serangga atau tikus yang mungkin masuk ke dalam selimut dan pakaiannya, sehingga ia mulai melihatnya meski serangga maupun tikus tak benar-benar ada di sana. Ia menemukan sesuatu yang hitam berada di sekitar kemah dan badannya.

Adanya hewan-hewan liar yang tak terlihat bisa bikin stres. Ia merasa momen seperti itu benar-benar nyata.

Mimpi buruk: sesuatu yang mungkin terus-menerus terjadi sepulang dari alam liar. Image by Wikipedia

Mimpi buruk: sesuatu yang mungkin terus-menerus terjadi sepulang dari alam liar. Image by Wikipedia

Yang tak diduga: Beberapa dekade setelah sang penulis kembali ke masyarakat dan memiliki rumah dan pekerjaan, ia mimpi buruk dengan keadaan seolah-olah sedang di hutan.

"Namun kalau Anda masih ingin tinggal di alam liar, setidaknya pergilah bersama grup sesama petualang," sarannya. "Pergi sendirian akan membunuh Anda."

*) Featured image by news1130.com

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.