Mengintip Uniknya Pemandangan Singapura dari Atas Langit

Meskipun Singapura memiliki jumlah populasi yang amat padat, negeri mungil nan maju ini punya sistem tata kota yang patut diacungi jempol. Hasil perencanaan wilayah yang matang tersebut diam-diam menyuguhkan pemandangan yang begitu istimewa dari atas langit, sekalipun sebagian besar alam Kota Singa ini memang telah banyak dijamah oleh pengaruh modernisasi.

 

Kedelapan foto aerial di bawah merupakan beberapa hasil jepretan Yeo Kai Wen, seorang fotografer sekaligus jurnalis asal Singapura. Koleksi foto Yeo Kai Wen yang menampilkan pemandangan Kota Singa dari perspektif berbeda ini telah diikutsertakan dalam berbagai pameran, termasuk ekshibisi Singapore from Above. Ekshibisi tersebut bertujuan untuk memamerkan berbagai karya foto lanskap perkotaan yang diambil dari atas langit Singapura.

 

Potret-potret karya Yeo Kai Wen berkonsentrasi pada ruang terbuka hijau dan struktur-struktur pembangunan yang tersebar di tengah kota Singapura. Melalui koleksi fotonya, Yeo Kai Wen menggambarkan bagaimana kedua elemen ini saling berpadu dan membentuk sebuah kombinasi yang harmonis dan unik. Untuk mengabadikan indahnya pemandangan kota Singapura dari atas langit, Yeo Kai Wen menggunakan DJI Phantom 4 yang dilengkapi dengan kamera 4K built-in.

 

1. MacRitchie Reservoir

http-prod.static9.net.au_media201608231530w_9

 

2. Jurong East Swimming Complex

Jurong East Swimming Complex

 

3. Bishan Home for the Intellectually Disabled

sg6

 

4. Bishan Harmony Park

sg5

 

5. Bukit Batok Driving Centre

st-20160818-pixspread18-2526882

 

6. Omni-Theatre

sg3

 

7. Ng Teng Fong Hospital

Ng Teng Fong Hospital

 

8. Civilian War Memorial

Civilian War Memorial

 

Mengambil foto aerial memang bukanlah sebuah perkara sepele. Dibutuhkan perencanaan, riset, dan persiapan yang panjang dan merinci demi menghasilkan sebuah karya foto yang maksimal dan mempesona. Belum lagi, mencari tempat yang aman untuk menerbangkan drone di Singapura memang konon agak-agak rumit.

 

Oleh sebab itu, Yeo Kai Wen menyarankan para peminat fotografi aerial untuk rajin-rajin menggunakan Google Maps agar dapat mempermudah pencarian lokasi yang aman dan memang mengizinkan penerbangan drone. Selain itu, ia juga menyarankan para pengguna drone untuk mengudarakan perangkatnya secara bertanggungjawab di bawah ketinggian 60 meter, sesuai lansiran dari goingplacessingapore.sg.

 

*) All photos and featured image by Yeo Kai Wen.

Rachel Manuella - August 11, 2017
← Previous Post Next Post →