Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Menginjakkan Kaki di Abkhazia yang Hanya Diakui Empat Negara

Menginjakkan Kaki di Abkhazia yang Hanya Diakui Empat Negara
  • SHARE
THE JOURNAL

Menginjakkan Kaki di Abkhazia yang Hanya Diakui Empat Negara

  • SHARE

Words & Photo by : | April 21, 2017

Bagaimanakah rasanya melintasi perbatasan Georgia-Abkhazia yang notabene salah satu yang paling dikawal di Eropa? Hanya segelintir pelancong yang berkunjung ke Abkhazia karena situasi yang selalu intens.

Abkhazia, disebut-sebut daerah breakaway atau pecahan Georgia (Abkhazia diakui Rusia, Venezuela, Nauru, dan Nicaragua), adalah destinasi di daerah Kaukasus dengan pergolakan politik. Ketidakhadirannya kedutaan besar Indonesia di sana seolah membuat para pelancong Indonesia enggan untuk berkunjung. Merupakan favorit turis Rusia, Abkhazia jauh dari kata mainstream.

Blog perjalanan travelwithpedro.com menyebutkan bahwa terdapat dua cara untuk memasuki Abkhazia. Pertama, lewat perbatasan Georgia-Abkhazia di kota Zugdidi di Georgia. Kedua, melalui perbatasan Rusia-Abkhazia. Jika Wearinasians memilih opsi kedua, perlu memiliki visa double entry atau multiple entry menuju Rusia. Namun untuk masuk atau keluar Abkhazia harus melewati titik perbatasan yang sama.

Perjalanan di Abkhazia biasanya bermula di Sukhumi, ibu kota Abkhazia tempat para pelancong umumnya mengumpulkan visa yang diproses sebelum mengunjungi teritori Abkhazia. Bisa juga menelusuri Sukhumi dengan berjalan kaki. Kota ini merupakan 'permata' yang kerap dikunjungi orang-orang Rusia saat masih menjadi bagian Uni Soviet. Tak lupa juga untuk mengamati arsitektur kota yang seolah kuno.

Bangunan di Sukhumi. Image by aljazeera.com

Bangunan di Sukhumi. Image by aljazeera.com

Tak disarankan untuk sekadar berkunjung ke Sukhumi, mengingat sudah cukup panjang perjuangan yang dilalui untuk sampai di Abkhazia. Dari Sukhumi, naiklah bus sekitar empat puluh menit menuju New Athos. Salah satu atraksinya yakni biara megah yang didirikan oleh Tsar Alexander III, kaisar Rusia, pada dekade 1880-an. Bukan hanya biaranya, Anda pun dapat meluangkan hari menuju salah satu gua terbesar dan paling spektakuler dunia yang bertempat di New Athos. Begitu pula kesempatan menyaksikan arsitektur lokal di stasiun kereta Psyrtshka.

Biara di New Athos. Image by Wikimedia CommonsBiara di New Athos. Image by Wikimedia Commons*) Featured image by Wikimedia Commons

Abkhazia juga populer akan pantainya, karena itu bisa juga dipertimbangkan saat berkunjung. Setelahnya, tutuplah perjalanan dengan kesempatan merasakan kuliner lokal sembari disuguhi pemandangan yang menghadap Laut Hitam.

Apakah ini seolah petualangan yang ideal bagi Anda?

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.