Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Memilih Sepatu untuk Travel: Sneakers atau Boots?

Memilih Sepatu untuk Travel: Sneakers atau Boots?

Sepatu dapat dikatakan hal terberat saat mengemas bawaan untuk melancong, karena itu harus berhati-hati memilih sepatu yang tepat. Jadi, sneakers atau boots?

Kenyamanan bepergian berbanding lurus dengan alas kaki yang Anda gunakan sepanjang perjalanan, maka masalah sepatu wajib dipikirkan matang-matang. Sneakers maupun boots kerap menjadi pilihan populer karena segi mode dan fungsinya. Tidak mempermasalahkan merek atau harga sepatu Anda, namun apaakah opsi paling baik jika Anda harus menentukan? Untuk mempertimbangkannya, ada baiknya membandingkan kelebihan berikut kekurangan sneakers dan boots.

Stephanie Rosenbloom, kolumnis perjalanan New York Times, juga mengutarakan pendapatnya. Ia mengiyakan bahwa berjalan kaki dapat menghadirkan perspektif yang lebih intim akan suatu tempat. Ia mewawancarai Sofia Bartlett, pemilik usaha tur Tauck, dan menurutnya, "satu hari Anda (atau bahkan keseluruhan perjalanan) akan kacau jika sepatu mulai membuat kaki Anda sakit."

Sepatu yang nyaman untuk perjalanan aman. Image by travelandleisure.com

Sepatu yang nyaman untuk perjalanan aman. Image by travelandleisure.com

Sebenarnya, pilihan sepatu tergantung pada destinasi dan kegiatan-kegiatan yang akan Anda lakukan setiba di tujuan. Pastikan Anda melakukan riset mengenai iklim kota tujuan terlebih dahulu. Sepatu-sepatu didesain berbeda mengikuti medan yang berbeda pula. Misalnya, jangan sampai Anda membawa sneakers jika Anda akan menempuh medan yang menantang. Atau jangan memakai boots, terutama hiking boots, kalau rencana Anda sekadar menyusuri jalanan demi jalanan di kota.

Kalau perjalanan Anda condong ke outdoor maupun adventure travel, pikirkan boots. Boots umumnya didesain untuk menghadirkan kenyamanan, namun tetap mengutamakan langkah-langkah Anda yang stabil maupun penyokong pergelangan kaki. Hiking boots memiliki ketahanan yang lebih lama untuk berjalan panjang. Boots jenis ini punya sol sepatu yang lebih tebal dan biasanya kemampuan kedap air. Dalam artikel kolumnis yang sama, seorang narasumber bernama Susan Rose yang ia wawancarai juga berpendapat bahwa sol boots yang kuat menggantikan keinginan para wanita yang ingin mengenakan sepatu hal tinggi, yang sayangnya tidak memungkinkan karena wanita berjalan di atas bebatuan seharian.

Bukan penggemar outdoor dan adventure travel? Anda sebaiknya beralih ke sneakers jika fokus perjalanan Anda adalah museum maupun eksplorasi kota secara umum. Sneakers merupakan pilihan yang nyaman untuk berjalan karena massa sepatu yang ringan. Selama di kota, Anda dapat memakai sneakers kapan pun dan di mana pun. Namun kualitas harus diutamakan; sepatu yang kurang baik akan cepat rusak kalau dipakai berjalan terus-menerus. Luangkan waktu untuk memilih sepatu bagus. Bill Serues, pemandu turis Tauck, menilai sneakers (ia menyebut Nike Free sneakers) sebagai alas kaki ternyaman karena sepatunya ringan, fleksibel, serta tahan lama.

Bisa kok tetap keren dengan sneakers... Image by nytimes.com

Bisa kok tetap keren dengan sneakers... Image by nytimes.com

Model sneakers atau boots yang modis adalah pilihan relatif, karena itu urusan gaya kembali ke masing-masing orang. Kalau Anda telah mengetahui rencana perjalanan Anda dengan detail, Anda pasti paham harus memilih footwear yang mana.

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.