Leica M10: Kualitas Nomor Wahid, Harga Selangit

Setelah nyaris satu dekade sejak M9 pertama kali dirilis, si "titik merah" akhirnya kembali menggebrak dunia fotografi di awal tahun 2017 dengan produk andalan terbarunya: Leica M10. Dipersenjatai dengan sensor full-frame CMOS beresolusi 24MP, kamera ini diklaim mampu memberikan hasil foto dengan kualitas terbaik yang tak kalah dari hasil jepretan Leica Q.

 

kzgFiqA4dBpXeSrGb9iwse-650-80

 

Kamera Leica M10 adalah satu dari sekian kamera mirrorless full-frame terkecil dan paling ramping dari Leica dengan berat hanya 660 gram. Berkat prosesor MAESTRO II yang tersemat dalam kamera ini, Leica M10 dapat memotret menggunakan ISO 100 hingga 50.000. Kamera ini juga dapat memotret 5 buah frame per detik secara kontinyu dalam resolusi maksimal.

 

Sayangnya, Leica sama sekali tidak membekali M10 dengan fitur rekaman video. Namun, dengan adanya modul Wi-Fi, Anda dapat mengirim jepretan kamera Anda langsung ke situs-situs media sosial favorit Anda. Konektivitas nirkabel yang tersemat dalam kamera ini pun bisa Anda gunakan untuk mengendalikan kamera dari jarak jauh.

 

BC9toQFoeyvZ8BjC5N5jUe-650-80

 

Viewfinder dalam kamera M10 juga turut mendapatkan peningkatan dari versi terdahulunya. Dengan bidang 30% lebih luas, viewfinder M10 diklaim lebih nyaman untuk digunakan, terutama bagi para pengguna kacamata. Jika Anda kurang suka menggunakan viewfinder, jangan khawatir—ada fitur Live View yang bisa dijadikan alternatif. Hanya saja, berhati-hatilah dalam menggunakannya, sebab fitur satu ini cukup menguras baterai!

 

Salah satu hal paling unik dari kamera ini adalah, untuk mengakses SD card, Anda harus melepas seluruh bagian plat bawah kamera ini terlebih dahulu. Kendati agak merepotkan, "fitur" ini merupakan sebuah keunikan tersendiri yang pastinya akan mengingatkan kita akan masa lalu, di mana roll film masih luas dipakai oleh masyarakat sebagai media penyimpanan hasil jepretan.

 

GD9NXGVBQdCuAhPQXT4pwe-650-80

 

Walau dibanderol dengan harga selangit (Rp99.000.000,00—khusus bodi tanpa lensa), kamera Leica M10 menawarkan bentuk dan spesifikasi yang cukup sebanding dengan nominal yang ditawarkan. Jadi, apakah Anda tertarik?

 

*) All images by techradar.com, featured image by petapixel.com

    Rachel Manuella - October 9, 2017
    ← Previous Post Next Post →