Leica, Kamera "Titik Merah" yang Legendaris

Dengan bodi manis yang dibarengi spesifikasi bombastis, kamera-kamera produksi Leica nyatanya tak sekadar sedap dipandang. Merk ini memiliki riwayat panjang sebagai pelopor kamera 35mm komersil yang berhasil merevolusi dunia fotografi sejak lebih dari seabad silam. Lantas, apa kisah di balik si "titik merah" yang membuatnya mampu bertahan teguh di tengah gempuran teknologi yang terus berkembang?

 

Leica_camera

Image by Icon Magazine

 

Kebutuhan akan kamera yang ringan dan praktis digunakan di awal abad ke-20 merupakan motor pendorong lahirnya kamera Leica pertama — Leica I. Diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1925 di Leipzig, kamera ini sekonyong-konyong saja ketiban sukses besar. Maklum, sebelum Leica I menunjukkan batang hidungnya di pasaran, menjepret momen tidaklah semudah sekadar menekan tombol rana. Demi menghasilkan sebuah karya foto, seorang fotografer wajib menggunakan sederet alat yang tak cuma berat dipanggul, namun juga sulit digunakan. Repot!

 

2497250244_51b4b191f1

Image by camerapedia.wikia.com

 

Tak ayal lagi kalau kehadiran Leica sudah bagai hembusan angin surga yang berhasil meredefinisi apa itu "fotografi" bagi publik saat itu. Jika kegiatan memotret mulanya cuma dapat dikerjakan oleh para fotografer profesional, kini masyarakat awam pun punya kesempatan untuk mendokumentasikan kisah mereka dalam sekali cekrek. Selain itu, dengan format kamera yang mungil dan bisa diboyong ke mana saja, fotografi jurnalistik pun ikut berkembang menjadi elemen media massa yang jujur dan efektif.

 

originalphotoiconiccheguevara-800x532

Potret Che Guevara oleh Alberto Korda menggunakan kamera Leica

 

Rangkaian kamera rangefinder Leica di tahun 1920 hingga 1930an inilah yang pada akhirnya membentuk fondasi bagi reputasi tak tergoyahkan si "titik merah". Di samping bentuk dan spesifikasinya yang memang tak perlu diragukan, nilai historis yang terkandung di balik nama Leica merupakan sebuah poin tersendiri yang turut menjadi alasan mengapa merk ini masih mampu menggaet banyak peminat.

 

leica-family-tree-christies-960x640

Image by dpreview.com

 

Kini, kamera Leica tak cuma mudah digunakan dari segi fungsi, namun juga menonjol dari segi desain. Dilengkapi sentuhan kulit asli dan logam (seperti emas, perak, dan platinum) berkualitas tinggi, koleksi kamera Leica menampilkan siluet khas yang tak cuma penuh gaya, namun juga elegan. Leica pun tak jarang merilis kamera edisi spesial yang diproduksi dalam kolaborasi bersama desainer-desainer kenamaan seperti Paul Smith dan Hermès.

 

leicahermes1-1

Image by Man of Many

 

Tentunya, bentuk yang cantik juga diiringi dengan spesifikasi yang apik. "Cita-cita kami adalah untuk memudahkan para fotografer memotret foto terbaiknya dalam situasi apapun. Maka, desain wajib mengikuti tuntutan teknologi," ujar CEO Leica, Alfred Schopf, seperti dilansir dari globalblue.com. "Kami selalu mengombinasikan teknologi terbaik saat ini dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan mempertahankan desain yang sederhana. Inilah elemen-elemen yang membentuk pesona dan nilai dari sebuah kamera Leica."

 

*) Featured image by Digital Trends

    Rachel Manuella - October 3, 2017
    ← Previous Post Next Post →