Inspirasi Eksplorasi Urban: Naypyidaw yang Dijuluki 'Kota Hantu'

Diresmikan sebagai ibu kota baru Myanmar pada November 2005, Naypyidaw pertama dibangun dari tengah-tengah ladang padi dan sawah. Uniknya, Naypyidaw tak seperti ibu kota lain di dunia. Kota ini dijuluki 'kota mati' karena nuansa yang benar-benar sepi. Jika dibandingkan dengan sesama ibu kota di Asia Tenggara seperti Bangkok dan Hanoi, suasana kota bisa diibaratkan hampa. Pertanyaan: Apakah memang sesunyi itu?

Reporter Matt Kennard dan Claire Provost dari media Inggris Guardian pun menemukan bahwa kota ini memiliki highway 20 jalur, lapangan golf, koneksi Wi-Fi yang cepat, serta sambungan listrik yang stabil. Matt maupun Claire menyaksikan kedua sisi jalan mempunyai gedung-gedung raksasa, hotel-hotel bergaya vila, dan pusat-pusat perbelanjaan yang seluruhnya dicat warna pastel. Jalanan yang memanjang baru diaspal dan dihiasi deretan bunga yang berbaris rapi.

Jalanan Naypyidaw yang kosong melompong. Image by rebrn.com Jalanan Naypyidaw yang kosong melompong. Image by rebrn.com

Kedua jurnalis kemudian menyimpulkan bahwa satu-satunya hal yang tidak dimiliki Naypyidaw adalah penghuni. Jalan raya yang masih kosong seolah menghadirkan kesan sunyi di udara.

Mereka berbincang dengan seorang pria warga setempat (narasumber tidak ingin menyebutkan namanya) yang bekerja di pusat perbelanjaan kota. "Kota ini umumnya untuk pegawai negeri," ujarnya. "Di sini tak terlalu menarik. Kebanyakan penduduk tidak bahagia sekali; mereka hanya tinggal di sini untuk mendapat uang, untuk bekerja." Banyak pegawai organisasi non-pemerintah (NGO) internasional juga mengabdi di Naypyidaw.

Di Myanmar, Naypyidaw terkenal sebagai kota baru dan sepi. Di Myanmar, Naypyidaw terkenal sebagai kota baru dan sepi.

Saking sepinya kota, penulis Lonely Planet bernama Robert Reid memberitahu lewat berita yang ditulis staf media The Daily Beast bahwa distrik perumahan di kota dipenuhi 10 persen saja. (Fakta: Luas Naypyidaw enam kali lebih besar dari New York City yang benar-benar padat oleh segala bangsa.)

Uniknya, keadaan Naypyidaw yang seolah 'kosong' masih benar-benar bisa dijadikan latar eksplorasi urban, bukan? Media Coconuts.co pun merekam ibu kota Myanmar dengan drone, dan videonya bisa Anda saksikan di bawah. Anda tertarik berkunjung ke Naypyidaw?

*) Featured image by skyscrapercity.com

Randy Mulyanto - May 17, 2017
← Previous Post Next Post →
jual-yeezy-boost-v2-black-red