Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Foto Kuliner ala Food Blogger: DJI Osmo X3, iPhone 7, atau Kamera Mirrorless?

Foto Kuliner ala Food Blogger: DJI Osmo X3, iPhone 7, atau Kamera Mirrorless?

Tren foto kuliner ala food blogger masih mendominasi media sosial. Apakah iPhone 7, DJI Osmo X3, atau justru kamera mirrorless yang menghasilkan jepretan terbaik?

Pada awal Maret lalu, tim Wearinasia.com bertandang ke Malang untuk menggali apa sajakah yang menarik di Kota Apel ini. Usai menyambangi objek-objek wajib kunjung, kami mengunjungi Depot Mie Malang Gajah Mada 1 untuk mencoba kuliner setempat yang pastinya otentik untuk bersantap malam.

Bukan sekadar memuaskan rasa penasaran, kami memutuskan untuk memotret makanan yang kami nikmati layaknya food blogger dengan iPhone 7, DJI Osmo X, serta kamera mirrorless. Setelahnya, kami berdebat dan membandingkan foto mana yang lebih memikat.

Kedai rumahan ini memang menuai reputasi yang mumpuni di internet; salah satu komentarnya sampai-sampai mengatakan ini tempat makan mi paling enak di Malang. Semangkuk bakso malang dan tiga mangkuk mi malang datang ke meja kami. Tak langsung melahap, kami menyiapkan gear masing-masing untuk memotret semua mangkuk yang disatukan dalam satu frame maupun setiap mangkuk yang kami pesan sendiri. Albert memegang iPhone 7, Andrew dengan DJI Osmo X3, dan James menggunakan kamera mirrorless Fujifilm XT-10.

Bakso malang. Image by Albert Sudartanto

Bakso malang. Image by Andrew Jason Gunawan

Semangkuk bakso malang lengkap dengan bakso sapi, tahu, pangsit renyah, bawang daun, dan kuah gurih menjadi sajian pertama. Sebenarnya, hasil jepretan DJI Osmo X3 menghasilkan foto pemandangan dan momen yang lebih tajam dibanding iPhone 7. Pintu biru muda di belakang Albert dan James terpampang jelas. Wajah sumringah ketiga pria di belakang mereka sedang bercakap-cakap sambil melahap hidangan terekam baik.

Ketiga pria dan pintu biru di belakang Albert dan James. Image by Andrew James Gunawan

Ketiga pria dan pintu biru di belakang Albert dan James. Image by Andrew James Gunawan

Namun, kalau soal makanan, sayang foto close-up bakso malang tidak begitu jelas. Pencahayaan memang redup dan detail makanan tidak terlalu terekspos. Bagi kami, foto momen memang lebih bagus menggunakan DJI Osmo X3.

Sajian khas Malang difoto dengan kamera mirrorless. Image by James Roberto Anggrianto

Sajian khas Malang difoto dengan kamera mirrorless. Image by James Roberto Anggrianto

Sedangkan foto makanan dengan jarak dekat menggunakan iPhone 7 membuat isi mangkuk lebih dikenali dan jelas, walau seakan datar-datar saja jika melakukan komparasi dengan kamera mirrorless. Dapat dibandingkan, foto makanan memang paling baik kalau diambil dengan mirrorless.

Foto bakso malang dengan iPhone 6. Image by Albert Sudartanto

Foto bakso malang dengan iPhone 6. Image by Albert Sudartanto

Sajian kedua, kami dibuat terpaku dengan mi malang yang menjadi nilai jual kedai bagi para pengunjung maupun warga setempat untuk mampir. Masing-masing dari kami memesan satu mangkuk mi. Ada mi kuning basah dengan selada, bawang daun, dan bawang goreng. Ditambah dengan variasi bakso gepeng atau bakso bulat yang dapat dipilih sesuai selera.

Makanan khas yang difoto kamera DJI.

Foto bakso malang dan mi khas yang difoto kamera DJI. Image by Albert Sudartanto

Kami menyatukan ketiga mangkuk mi dan semangkuk bakso malang, dan hasilnya sama saja karena foto dari jarak dekat lewat DJI Osmo X3 masih buram. Foto dengan iPhone berujung pada hasil akhir yang lebih jelas. Tapi, kalau foto suasana, DJI Osmo X3 menang karena mengusung resolusi yang lebih tinggi.

Jadi, lebih keren kalau ambil foto makanan pakai perangkat yang mana?

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.