DJI Perkenalkan DJI Phantom 4 Pro: Harga & Spesifikasi

Rabu sekitar jam 3 waktu WIB, DJI, produsen drone paling terkemuka di dunia baru saja meluncurkan DJI Phantom 4 Pro, versi pembaruan dari DJI Phantom 4, yang baru saja dirilis pada Maret lalu. DJI Phantom 4 Pro yang dibanderol dengan dua harga ini, memiliki pengembangan pesat dari segi kamera, sensor penghindar, durasi terbang baterai yang lebih panjang, dan tambahan beragam mode terbang pintar.

screen-shot-2016-11-16-at-08-43-48

Secara tak langsung, video demo dari DJI Phantom 4 Pro memperlihatkan betapa kontrasnya perbedaan spesikasi antara saudara kecilnya, DJI Mavic Pro, yang kemampuannya banyak dipersepsikan orang, mirip dengan versi DJI Phantom 4 perdana.

KAMERA DJI PHANTOM 4 PRO

Tidak seperti DJI Phantom 4, yang menurut kami di Wearinasia.com, tidak terlalu kontras pengembangannya jika dibandingkan dengan DJI Phantom 3 Pro, DJI Phantom 4 memanfaatkan sensor kamera yang lebih besar yakni 1-inch CMOS sensor yang dapat menjepret objek dalam resolusi 20 megapixel, melonjak 6 megapixel dari DJI Phantom 4 reguler. Sedangkan untuk dynamic range mampu mencapai 11.6, yang secara sederhana menandakan drone anyar perusahaan TIongkok ini, mampu membedakan kekontrasan cahaya dan menyeimbangkannya.

Pengambilan gambar mirip "Jell-O" yang kerap terlihat pada seri DJI Phantom terdahulu, diklaim DJI mulai teratasi dengan sistem shutter DJI Phantom 4 Pro yang telah diperbaharui. Sedangkan aperture juga dapat diatur sehingga fotografer dapat lebih leluasa dalam menentukan Depth of Field (DOV). Dan pada mode burst DJI Phantom 4 Pro dapat menangkap 14 foto dalam satu detik dan menangkap video slow motion dalam tempo 60 detik.

SENSOR DJI PHANTOM 4 PRO

Sensor Obstacle Avoidance yang awalnya hanya menempel pada bagian depan, sekarang tampil hampir di "sekujur" badan DJI Phantom Pro atau tempat nya di keempat sisi drone quadcopter ini, sehingga klaim Yuneec bahwa Yuneec Typhoon H Pro sebagai satu-satunya drone yang memiliki sensor 360 derajat sudah tidak valid lagi, karena saat ini DJI Phantom 4 Pro sudah mampu menghindari rintangan dari segala arah. Khusus pada sisi kiri dan kanan DJI Phantom 4 Pro menggunakan teknologi infra merah. Berkat pengembangan sensor ini, kecepatan terbang pada kondisi mode Obstacle Avoidance menyala meningkat dari 35KM/jam menjadi 49KM/jam.

REMOT DJI PHANTOM 4 PRO DENGAN LAYAR BUILT IN

Seperti yang diesebutkan di awal artikel, DJI Phantom 4 Pro dibanderol dalam dua harga yang berbeda, ini dikarenakan ada varian paket dengan layar remot built in, yakni DJI Phantom 4 Pro + dan tanpa layar (seperti versi pendahulunya). Bukan pengembangan yang baru, karena sudah dilakukan kompetitor seperti Yuneec. Namun pengembangan ini setidaknya membuat pilot drone tak harus menguras baterai smartphone atau tablet yang menjadi pegangan berkomunkasi sehari-hari.

BATERAI DJI PHANTOM 4 PRO BERDURASI 30 MENIT?

DJI Phantom 4 sempat menjadi pemimpin pasar drone konsumen dengan durasi terbang 22-23 menit (kondisi terbang saat keadaan sangat ideal), sekarang DJI Phantom 4 Pro didapuk mampu mengudara sampai 30 menit. Namun seperti yang Wearinasians tahu, umumnya ada gap cukup signifikan antara klaim DJI dengan faktanya di dunia nyata, namun ini tetaplah sifnifikan dan menempatkan DJI Phantom 4 Pro kembali memimpin pasaran dengan durasi terbang terlama, untuk kelas drone konsumen.

MODE PINTAR: ACTIVE TRACK PUNYA TIGA VARIAN MODE BARU

Konsumen di Wearinasia.com, paling terkesan dengan fitur active track, fitur canggih yang memampukan drone untuk membuntuti suatu objek dengan cara cukup mengetuk visual objek tersebut di layar smartphone atau tablet (dengan kondisi aplikasi DJI Go menyala). Sekarang DJI Phantom 4 Pro Muncul dengan tiga mode active trackprofile membuntuti objek secara horizonal alias dari samping, spotlight merekam dari sudut atas dan mengikuti objek layaknya lampu sorot, dan Circle terbang mengelilingi objek secara 360 derajat. Dan tak ketinggalan, pengembangan tap fly (mode terbang menuju arah yang diketuk via aplikasi) yang mengkombinasikan dengan selfie alias drone selfie.

Mode Waypoint juga dikembangkan untuk semakin mudah dioperasikan, tak seperti versi terdahulu, yang mengharuskan wahana drone di terbangkan ke titik-titik yang dikehendaki terlebih dahulu, sebelum pola pengambilan gambar berjalan secara otonom, sekarang dengan Waypoint terbaru, pilot hanya cukup menggambarkan pola secara digital via aplikasi.

HARGA DJI PHANTOM 4

Dilansir dari situs resmi DJI.com, untuk paket varian tanpa layar built in, DJI Phantom 4 Pro dibanderol US$1499 dan versi sebaliknya US$1799. Apakah harga dan spesifikasi pada artikel ini, membuat Wearinasians ingin memperbarui DJI Phantom 4 kalian? Yang jelas DJI semakin menegaskan dominasinya di pasar drone dengan perilisan lini produk terbarunya ini, terbukti dengan perilisan DJI Inspire 2 yang dirilis pada haru yang sama.

Jadi siapakah yang akan menjawab dominasi DJI? Apakah Yuneec? 3DR? (tidak mungkin, karena mereka mengibarkan bendera putih untuk industri konsumen drone) atau siapa?

Hanya satu yang bisa saya ucapkan "DJI Akan Menjadi Apa yang Dicita-citakannya, yakni Apple Bagi Industri Drone". Apakah Wearinasians setuju? Berikan komentarnya di kolom komen, saya ingin mengetahui pendapat kalian :)