Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Daftar Film Dokumenter Alam dan Fauna yang Layak Dapat Oscar

Daftar Film Dokumenter Alam dan Fauna yang Layak Dapat Oscar

Anda telah yakin untuk merilis dokumenter alam dan fauna. Anda telah mempelajari trik-trik dan memiliki perangkat-perangkat yang dibutuhkan. Sekarang jadikan dokumenter-dokumenter ini sebagai 'benchmark'.

Anda telah yakin untuk merilis dokumenter alam dan fauna. Anda telah mempelajari trik-trik dan memiliki perangkat-perangkat yang dibutuhkan. Sekarang jadikan dokumenter-dokumenter ini sebagai 'benchmark'. Film-film dokumenter ini sejatinya layak dihargai Oscar, seperti yang Wearinasia temukan lewat situs redbullmediahouse.com.

THE IVORY GAME

Film dokumenter investigatif tentang perdagangan gading gajah yang mengkhawatirkan ini menjadi satu dari lima belas film terpilih (untuk kemudian disaring lagi) dari total 145 film. Dokumenter dengan produser eksekutif Leonardo DiCaprio ini sayangnya tak menjadi nominasi final Oscar. (Lima judul dokumenter final yang menjadi nominasi diumumkan 24 Januari lalu.)

Film ini dibuat secara diam-diam alias undercover, bertujuan untuk mengungkap sisi gelap perdagangan gading gajah.

Sutradara pemenang berbagai penghargaan Richard Ladkani dan sutradara yang memperoleh nominasi Oscar Kief Davison syuting selama 16 bulan, menyusuri Afrika dan Asia, demi mendokumentasikan korupsi yang telah mengakar di jantung krisis perdagangan gading yang telah mengglobal.

Media Mashable menulis bahwa The Ivory Game bisa saja menjadi film thriller pada umumnya jika topik bahasannya tidak benar-benar tepat. Film ini bisa Anda saksikan di Netflix di 190 negara dan dalam 19 bahasa berbeda.

THE SMOKE THAT THUNDERS

Penyelam tebing Orlando Duque dan Jonathan Paredes memberanikan diri mereka untuk menghadapi Victoria Falls, air terjun terbesar dunia yang berada di selatan Afrika, dalam film dokumenter The Smoke That Thunders. (Victoria Falls memiliki volume sekitar 625 juta liter air per menit dengan ketinggian mencapai 100 meter dan lebar 1.708 meter.)

"Ini salah satu tempat tercantik dunia," ujar Duque yang telah memenangkan dua rekor dunia dari Guinness. Memiliki pengalaman lebih dari dua dekade, ia berpendapat menyelami Victoria Falls adalah analisis yang perlu dilakukan, bukan sekadar perkara hitam dan putih.

Alasan dokumenter ini pantas mendapat Oscar tak hanya karena keindahan air terjun, melainkan perspektif beda yang ditawarkan untuk menikmati keelokan alam selatan Afrika.

Orlando dan Jonathan melakukan cliff diving yang memukau dengan menyelam dari ketinggian 30 meter. Semakin menyeramkan pula karena adanya buaya sepanjang tiga meter yang menanti.

Mereka menghadapi tantangannya masing-masing. Orlando bertanggung jawab menetapkan batasan ambisi mereka, maka ia menyelam lebih dulu. Jonathan kerap ketakutan ketika memanjat ke titik lompatan sembari menghilangkan segenap keraguannya.

Dokumenter karya mereka dapat disaksikan di Red Bull TV.

Andai saja kedua film ini masuk nominasi, ya.

*) Featured image by Terra Mater Factual Studios

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.