Metode pengiriman order selama tanggal 12 - 20 Juni 2018 hanyalah pengiriman via JNE.
Get your run & training essential, disc up to 50% off : SHOP NOW
THE JOURNAL

Berlari, Berenang, Bersepeda Menggunakan Garmin Vivoactive 3

Berlari, Berenang, Bersepeda Menggunakan Garmin Vivoactive 3
  • SHARE

Words by : James Roberto | Words by : Yonatan | March 13, 2018

Saya mencoba Garmin Vivoactive 3 dalam tiga kegiatan olahraga dan ini hasil temuannya.

Masih ingat dengan resolusi tahun baru kemarin? Apakah lebih sering aktif berolahraga adalah salah satunya? Untuk memastikan janji pada diri sendiri ini tetap terlaksana kami mencoba bantuan motivasi dari jam tangan pintar dengan GPS Garmin Vivoactive 3. Kami mencoba melakukan aktifitas berlari, bersepeda, dan berenang menggunakan Garmin Vivoactive 3. Berikut hasil temuan kami berdasarkan tiga kegiatan diatas.

BERLARI

Jam tangan Garmin terkenal dengan kemampuan GPS-nya dan data-data statistik peforma penggunanya selama berlari. Sebagai pemula, cukup fokus pada jarak dan tidak usah terlalu pusing dengan pace (semakin kecil nominal data ini berbanding lurus dengan kecepatan rata-rata Anda dalam berlari), karena berdasarkan pengalaman pribadi, kesuksesan pertama yang terasa dalam berlari bukan perkara seberapa cepat lari yang diselesaikan tetapi seberapa konsisten kita melakukannya dalam keseharian kita.

Desain yang sederhana dan ringan membuat jam ringan dan nyaman diajak berlari

Rasa pencapaian berhasil bisa diambil dengan menengok jumlah KM yang diraih selama seminggu. Setelah ini berlangsung selama setidanya satu bulan, mulailah cermati statistik performa Anda, misalnya dari pace, apabila Anda ingin mulai memperbaiki pencapaian lari Anda. Misalnya, pada awalnya saya hanya bisa mencapai pace 07.00 untuk lari jarak 7KM namun seiring berjalannya waktu pace lari saya menjadi lebih baik menjadi 06.59 dengan jarak yang sama. Menurut saya pencapaian-pencapaian mikro ini menjadi modal berkesinambungan yang membuat lari menjadi dari kegiatan rutin yang malah terasa aneh bila terlewatkan.

Sajian Data Sederhana nan Informatif
Konsumsi data performa lari satu per satu dan perbaiki perlahan dan nikmati prosesnya adalah hal paling penting, agar aktifitas ini bisa menyatu dengan gaya hidup Anda. Garmin Vivoactive 3 boleh jadi jam olahraga berbasis GPS GLONASS yang paling dasar kemampuan merekam datanya bila dibandingkan versi yang lebih atas seperti Fenix, namun ini tetap menjadi titik permulaan yang sangat bagus. Apabila harus berlari di malam hari ada baiknya Anda mengenakan pakaian yang reflektif dengan cahaya agar orang atau kendaraan sekitar mengetahui keberadaan Anda.

Berlari di bawah pohon tidak memudarkan sinyal GPS dari Vivoactive 3

Jangan lupakan hidrasi selama berlari

Baterai berdurasi hampir 7 hari

Dengan durasi demikian sebenarnya, Garmin Vivoctive 3 sudah cukup nyaman bagu penggunaan sehari-hari namun apabila sering digunakan pada tingkat keterangan yang cukup tinggi, misalnya saat lari di malam hari, baterai akan lebih cepat terkuras, dan kemungkinan bertahan selama 6 hari, namun menurut saya tetap impresif.

Perlengkapan reflektif penting untuk lari di malam hari

 

BERENANG

Pemanasan untuk mencegah keram

Kedap Air Sampai 50M!

Untuk urusan berenang, Garmin Vivoactive 3 juga bisa kedap air sehingga tidak perlu khawatir saat harus berlatih, tapi harus dicatat jam ini tidak diperuntukkan untuk menyelam tetapi hanya sekedar untuk berenang di kolam renang dan bukan di laut. Saya menemukan waktu paling tepat untuk berenang adalah saat di pagi hari dan saat hari biasa, karena saat akhir pekan kolam renang umumnya terlalu ramai sehingga sesi latihan akan banyak diisi oleh menghindari perenang lain, yang menyebabkan perekaman data peforma tidak optimal.

Fitur Membagi Latihan Kedalam Lap yang Sederhana

Untuk perekaman yang lebih baik, Anda bisa atur jarak dari kolam renang yang akan digunakan. Istilah dasar yang bisa diterapkan dalam renang ialah interval training, contoh di setiap satu kali renang dari titik A ke titik B Anda mengalokasikan 15 detik waktu istirahat, saat mengambil waktu istirahat Anda bisa memencet kenob pada Garmin Vivoactive 3 untuk perekaman dan saat akan memulai renang lagi, Anda cukup memencet sekali lagi, dan lakukan demikian seterusnya sampai selesai, dengan mengakhirinya dengan menahan kenob yang sama untuk mengakhiri pencatatan.

Umumnya kolam renang hanya berkedalaman maksimal 5m, jadi kemampuan Vivoactive 3 yang mencapai 50m sangatlah cukup

Mengenali Beragam Gaya Renang

Gaya renang yang saya coba adalah gaya bebas dan kupu-kupu dan semuanya bisa direkam oleh jam tangan, namun menurut keterangan dari Garmin, renang gaya punggung dan dada juga bisa direkam dengan sempurna.

Dari sesi latihan tersebut, diharapkan stamina kita menjadi lebih baik sehingga dapat melakukannya dalam pace yang lebih singkat. Menurut pengalaman, aktifitas renang dapat dijadikan secara selang-seling dengan aktifitas lari agar Anda tidak jenuh namun stamina terus berkembang.

Jam bisa merekam gaya dada, bebas, dan punggung

BERSEPEDA

Saya memilih bersepeda untuk latihan paha dan kaki, setidaknya seminggu sekali apabila saya sedang bosan dengan sesi latihan seperti squat atau deadlift di GYM. Data pada Vivoactive 3 yang bisa diperhatikan selain jarak dan kecepatan ialah cadence atau sederhananya seberapa cepat kayuhan Anda. Jadi semakin cepat cadence semakin cepat pula sepeda melaju.

Fiturnya yang gamblang membuat bernavigasi antar fitur walau saat bersepeda terasa mudah

Selama bersepeda GPS tetap menyala dengan baik tidak kalah dengan versi jam Garmin yang lebih anyar

Kualitas GPS Hampir Setara dengn Garmin Berbanderol Diatas Rp5Juta

Harus diaukui untuk ketepatan GPS dan data lainnya Garmin Vivoactive 3 sangat mengesankan apalagi mengingat ini merupakan jam tangan di bawah 5juta rupiah namun memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan dengan saudaranya yang lebi anyar yakni versi Fenix. Namun tidaklah salah apabila Garmin menambahkan storage untuk musik karena durasi bersepeda lebih panjang umumnya jika dibandingkan lari dan renang, sehingga kemampuan untuk mendengarkan musik akan sangatlah ideal terutama bagi saya yang cepat bosan.

Bagi Anda yang bersepeda indoor, Garmin Vivoactive 3 juga menyediakan opsi bersepeda dalam ruang, yang menurut beberapa temuan para pengulas di jagat internet, cukup akurat.

Bagaimana apakah jam ini menginspirasi untuk memulai kegiatan yang lebih aktif?

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.