Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Berjalan Kaki di Tengah Kemerlip Kota Malang

Berjalan Kaki di Tengah Kemerlip Kota Malang

Kota Malang memang paling tepat untuk ditelusuri dengan berjalan kaki. Berikut tiga tempat di Malang dan sekitarnya yang dapat Anda jelajahi sekarang juga.

Pada awal Maret lalu, Albert dan beberapa anggota Tim Wearinasia, bertandang ke kota Malang sebagai kota berlabuh sebelum memijakkan kaki di kawah Ijen, Banyuwangi. Kota Malang, boleh jadi bukan kota Megapolitan, layaknya Jakarta namun bukan berarti tidak memiliki daya tarik bagi pelancong dadakan seperti kami.

Jelajah Malang kami bermula di Masjid Agung Jami’ Malang. Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga mencerminkan keadaan sosial kemasyarakatan dan budaya penduduk lokal.

Yang menarik dari masjid ini adalah pencampuran arsitektur Jawa dan Arab yang mempengaruhi rupa bangunan. Empat tiang utama penyangga mengadopsi konsep ‘soko guru’ dari tradisi Jawa. Ciri khas Arab terlihat dari bentuk kubah menara maupun konsentrasi lengkung di bidang-bidang bukaannya. Beruntunglah, bangunan masih asli seperti konstruksi masjid mula-mula.

Hanya beberapa langkah dari Masjid Agung Jami’, Alun-alun Malang dengan tampilan baru kerap dikunjungi warga setempat dan para pelancong yang ingin bersantai. View alun-alun di malam hari menuai pujian kami karena air mancur menyala dengan sorotan lampu warna-warni.

Alun-alun Malang memiliki akar sejarah yang bermula setidaknya sejak periode Hindia Belanda. Kawasan yang dulunya dihuni warga Eropa tetap dapat ditemui di bagian utara dan barat alun-alun. Bangunan-bangunan lama gaya Belanda dan Eropa masih berdiri di kawasan tersebut. Pengaruh Belanda tetap membekas melalui kemunculan dua tanah lapang di kota.

Sembari mengelilingi alun-alun, kami berkesempatan menjepret beberapa momen dengan Albert sebagai modelnya, namun sayang karena hari yang sudah redup hasil foto tidak terlalu maksimal. Sementara itu berdasarkan pengalaman pribadi, sepatu yang nyaman adalah keharusan dikarenakan jarak antar destinasi di kota Malang cukup berdekatan dan lebih menarik untuk dirasakan dengan berjalan kaki.

Di lain hari, kami juga menjepret beberapa momen di Museum Angkut yang berisikan kendaraan roda empat dan dua antik dan bersejarah. Di sini juga ada beragam replika menarik mulai dari roket NASA dan kendaraan-kendaraan udara lainnya.

Sederet mobil antik terpampang di setiap sudut musem angkut

Sederet mobil antik terpampang di setiap sudut musem angkut

Mengunjungi ufuk terujung Musem Angkut yang memiliki replika NASA

Mengunjungi ufuk terujung Musem Angkut yang memiliki replika NASA

Museum di Kota Batu yang berjarak 2 jam dari pusat Kota Malang ini, terbagi dalam beragam zona yang setiap zonanya didesain serupa dengan negara asal mobil-mobil antik tersebut, total kendaraan yang dipamerkan mencapai 300 buah.

Tidak hanya mobil, tetapi kendaraan udara juga tersimpan apik di Museum Angkut

Tidak hanya mobil, tetapi kendaraan udara juga tersimpan apik di Museum Angkut

Berjalan-jalan di Museum Angkut hendaknya menggunakan sepatu yang nyaman karena area ini seluas 3 hektar

Berjalan-jalan di Museum Angkut hendaknya menggunakan sepatu yang nyaman karena area ini seluas 3 hektar

Tak hanya memiliki koleksi kendaraan antik, tetapi Museum Angkut juga memiliki miniatur kota pecinan, Hollywood, Istana Kerajaan Inggris dan yang pas untuk dijadikan tempat foto-foto dan mengambil video.

Lokasi yang disulap ala pecinan tempo dulu

Lokasi yang disulap ala pecinan tempo dulu

Tampak depan dari "Buckingham Palace" yang menaungi mobil-mobil Negeri Ratu Elizabeth

Tampak depan dari "Buckingham Palace" yang menaungi mobil-mobil asal Negeri Ratu Elizabeth

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.