Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Bedanya Waterproof, Water-resistant & Water-repellent

Bedanya Waterproof, Water-resistant & Water-repellent

Mengetahui lebih jelas definisi water resistant, water repellent, dan waterproof yang kerap dilabeli di produk-produk di pasaran.

Belakangan berseliweran istilah water resistant, water repellent, dan waterproof yang menempel di produk-produk jam,outerwear, dan perlengkapan yang bisa pakai outdoor lainnya. Pertanyaan dasarnya apakah perbedaan dari tiga istilah tersebut? Berikut terjemahannnya menurut kamus Inggris Oxford:

Water-resistant: dapat menahan penetrasi air sampai batas tertentu namun tidak sepenuhnya

Water-repellent: tidak mudah terpenetrasi air, permukaannya juga dilapisi pelapis khusus

Waterproof: tahan air

1. WATER-RESISTANT

Image by Chrono24.com

Ini merupakan tingkat ketahanan terendah diantar tiga istilah ini. Umumnya tertera pada produk seperti jam. Bila produk dilabeli istilah ini artinya, produk diciptakan dengan sedemikian rupa sehingga air sulit penetrasi atau ada kemungkinan produk dilapisi dengan bahan tertentu yang meningkatkan kemungkinan ketahanan produk tersebut saat terkena air, sehingga boleh dibilang produk berlabel water-resistant hanyalah tahan pada terpaan air pada tingkatan cuci tangan atau saat gerimis.

2. WATER-REPELLENT

Image by kathmandu.imgix.net

Setingkat diatas water-resistant, apabila produk berlabel tulisan ini, artinya produk memiliki sifat tahan air sampai ke tingkatan hydrophobic, untuk sampai ke tingkatan tersebut umumnya produk dilapisi oleh lapisan tipis khusus entah di bagian dalam, luar atau keduanya. Namun lapisan yang digunakan tiap merek beragam, sehingga kerap kali istilah ini suka diperdebatkan, karena untuk istilah yang sama dapat menunjukkan ketahanan air yang berbeda.

3. WATERPROOF

Image by advancedbackpack.com

Walau definisi terjemahannya cukup sederhana, namun definisi dari waterproof tidak sesederhana yang dipikirkan, hal ini dikarenakan tidak ada lembaga yang bisa melegitimasi keabsahan sebuah dalam mengklaimnya sebagai produk yang tahan air alias waterproof. Dan istilah ini mulai banyak ditinggalkan produsen-produsennya karena memberikan impresi bahwa produk akan tahan air dalam tempo yang tidak terbatas.

Dengan batasan yang belum baku, tidak heran banyak merek yang kena semprot konsumennya karena adanya kesimpang siuran interpretasi, bahkan kami sendiri di Wearinasia harus mencoba ketahanan merek yang melabeli produknya dengan salah satu dari label diatas agar lebih yakin dengan klaim tersebut.

Namun kami mengapresiasi beberapa merek yang lebih deskriptif dalam hal menggambarkan tingkat ketahanannya, misalnya seperti merek Rains yang mendeskripsikan ketahanan airnya pada tingkatan Rainproof, sehingga sebagai pengguna lebih terbayang tingkat ketahanannya. Berikut ada video review dari salah satu kanal di Youtube yang memperlihatkan ketahanan air dari salah satu produk tas Rains.

 

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.