Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Bagaimana Menjadi Travel Blogger Khusus Petualangan?

Bagaimana Menjadi Travel Blogger Khusus Petualangan?

Travel blogging merupakan jalan untuk melihat dunia sambil memperoleh penghasilan yang lumayan jika ditekuni. Pekerjaan ini cocok bagi yang gemar bepergian dan menciptakan konten.

Kisah sukses itu dialami oleh Johnny Ward, blogger perjalanan asal Irlandia, yang tercatat telah memperoleh 1,5 juta dolar amerika dari menulis tentang perjalanan di blog-nya. Yang lebih menarik lagi, ia telah berkelana ke setiap negara di muka bumi! Terkesan mengada-ngada? Percayalah, gaya hidup semacam itu dapat menjadi kenyataan.

Namun terlalu banyak blogger yang merajai dunia maya. Akibatnya, kompetisi semakin sulit. Bagi mereka yang mempunyai konsep blog yang tak terlalu matang dijamin akan segera tergilas oleh para kompetitor.

Menjadi travel blogger dengan spesialisasi petualangan atau adventure travel pun boleh dijadikan acuan jika Anda memutuskan untuk blogging. Syarat-syaratnya sama dengan bagaimana memulai menjadi travel blogger pada umumnya, namun bedanya hanyalah penekanan di satu atau dua hal.

Menulis blog sehabis menyelam di laut terdengar menyenangkan? Mengapa tidak? Image by expertvagabond.com

Menulis blog sehabis menyelam di laut terdengar menyenangkan? Mengapa tidak? Image by expertvagabond.com

APA CERITA DI BALIK BLOG ANDA?

Dave dan Deb, dua sosok di balik travel adventure blog theplanetd.com, memaparkan bahwa mereka memulai blog mereka dengan sebuah cerita. "Anda tidak dapat memulai travel blog bila belum memahami apa yang membuat Anda spesial," tulis Dave dan Deb.

Setidaknya, terdapat tiga pertanyaan yang perlu Wearinasians jawab: Apa spesialisasi perjalanan Wearinasians? Apa yang membuat Wearinasians menjadi pakar di bidangnya? Mengapa orang-orang harus mencari Wearinasians?

Dave dan Deb punya cerita mereka yang membuat blog unik. Pasangan ini bekerja di industri perfilman dan pertelevisian yang memungkinkan mereka untuk tak saling bertemu delapan hingga sepuluh bulan kemudian. Perjalanan lima minggu ke Thailand bersama di tahun 2000 pun menyatukan mereka kembali. Inilah awal yang membuat mereka tertarik dengan adventure travel.

Untuk audiens internasional, contohnya, punya blog tentang mengabadikan keindahan Indonesia bagian timur dengan drone membuat Anda sebagai spesialis di kawasan timur. Bisa juga, bukan?

NICHE DAN BRAND IDENTITY

Kedua istilah di atas bukan hanya konsep-konsep yang harus dipahami para pemasar ulung di luar kepala, namun blogger pun harus mengerti pula. Deb yang kebetulan menulis tips-tips menjadi travel blogger menyarankan beberapa tema seperti kuliner, perjalanan romantis, dan petualangan.

Banyak sekali tema yang dapat diadopsi, tetapi menonjolkan kepribadian Anda dalam blog justru menjadi hal penting. Temui apa yang membuat Wearinasians mencintai traveling, khususnya adventure travel. Lalu, pastikan Wearinasians menemukan suatu alasan mengapa perjalanan semacam ini ingin dilakukan terus-menerus.

Niche bisa sangat spesifik. Menjadi blogger khusus penelusuran gua-gua megah di Indonesia bisa dijadikan referensi kreatif. Terlalu banyak blog traveling yang general. Jangan jadi yang itu-itu lagi.

Temukan istilah yang menjadi niche dan identitas blog Anda. Travel deeper, contohnya? Image by alifefullofserendipity.com

Temukan istilah yang menjadi niche dan identitas blog Anda. Travel deeper, contohnya? Image by alifefullofserendipity.com

PERDALAM ILMU DENGAN BERBAGAI KURSUS

Trik mudah: manfaatkan internet. Internet menyimpan berbagai situs dan buku terkait blogging, traveling, serta kiat-kiat kreatif lain yang dapat dipergunakan untuk menjadi blogger yang semakin andal. Ikuti kursus-kursus fotografi dan videografi juga disarankan.

Tanyakan pertanyaan ini ke diri Anda sendiri: Blog adventure seperti apa yang ingin Anda luncurkan? Jika sudah punya jawaban yang lebih konkret, segera realisasikan. Jangan ditunda.

*) Featured image by expertvagabond.com

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.