Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Bagaimana Benar-benar Memotret Nuansa Perkotaan dengan Drone?

Bagaimana Benar-benar Memotret Nuansa Perkotaan dengan Drone?
  • SHARE
THE JOURNAL

Bagaimana Benar-benar Memotret Nuansa Perkotaan dengan Drone?

  • SHARE

Words & Photo by : | May 16, 2017

Untuk fotografi perkotaan dengan drone, terdapat beberapa kiat khusus yang perlu ditonjolkan agar karya Wearinasians semakin 'kece'. Pakar-pakar fotografi drone membagikan pandangannya.

Fotografi nuansa kota adalah masalah keindahan. Drone membuat perbedaan antara suasana New York City, Tokyo, atau tak usah jauh-jauh Jakarta yang umumnya dilihat di Google dan foto-foto yang diambil oleh drone. Cityscape atau pemandangan kota merupakan soal kreativitas yang memunculkan identitas masing-masing fotografer.

"Keuntungan komposisi yang dapat Anda kendalikan dengan UAV (drone) adalah pespektif," ujar Chase Guttman, pakar fotografi drone dan fotografer perjalanan, seperti dilansir droneybee.com. "Karena itu, carilah drama visual di mana sudut berbeda bisa membuatnya nyata. Selain itu, lihatlah langit untuk pola dan garis dan identifikasilah tekstur yang kaya."

Mengabadikan kota dengan drone. Image by eyeondrones.com

Mengabadikan kota dengan drone. Image by eyeondrones.com

Di umur 20, Chase telah mendapatkan beragam penghargaan untuk karyanya yang telah bepergian ke lebih dari 50 negara. Jika Wearinasians melihat karyanya, Wearinasians bakal menyimpulkan kalau fotografi dengan drone hanyalah soal perspektif. "Terakhir, perlu diingat kalau fotografi terbaik tidak dijepret dari ketinggian terbang paling tinggi. Sweet spot (titik baik) fotografi drone terlihat satu kaki di atas kepala Anda."

Ia berujar, di ketinggian itu, Anda dapat menghasilkan karya yang bersih dan bernuansa dengan latar belakang maupun depan yang mampu membimbing audiens lewat pengalaman visual yang unik. Di ketinggian ini, menurutnya, Anda bisa menangkap gambar dari apa yang tak terlihat. "Drones dapat memotret apa yang teknologi lain yang biasanya tak diperbolehkan atau mampu menangkap gambar tersebut," tambahnya. Ketika menentukan sudut pengambilan foto, jangan berasumsi itulah perspektif terbaik sampai Anda telah mencoba ketinggian, sudut, dan pendekatan untuk objek yang dimaksud.

Perspektif akan mempengaruhi ketinggian drone. Image by ArchDaily

Perspektif akan mempengaruhi ketinggian drone. Image by ArchDaily

Tips berikutnya: perlakukan drone photography selayaknya Anda bercerita. Mengingat drone telah umum, fotografi yang diambil di udara sebenarnya tidak lagi spesial. Agar karya menonjol, menurut penulis droneybee.com V Kadamatt, pastikan foto (atau video) harus menceritakan sebuah kisah. Libatkan emosi. Untuk foto, contohnya, pelajarilah bagaimana para seniman mengisahkan hal-hal yang sifatnya abstrak melalui lukisan mereka dan pelajari bagaimana fotografer-fotografer melakukan hal-hal serupa lewat kamera yang mereka gunakan.

Perasaan itu segalanya, termasuk dalam drone photography. Apakah Anda pernah melihat foto kota Singapura yang dipotret di malam hari dengan lampunya yang bercahaya? Dari foto tersebut, apakah Anda merasa sentimental atau terkagum? Itu maksudnya fotografi yang bercerita. Tanyakan ini: Apakah foto saya memunculkan perasaan bahagia, kagum, atau keindahan?

Esensi fotografi dengan kamera konvensional maupun drone: pastikan foto bisa berkisah. Image by keywordsuggest.org

Esensi fotografi dengan kamera konvensional maupun drone: pastikan foto bisa berkisah. Image by keywordsuggest.org

Yang tak kalah menyenangkannya, sebenarnya Anda telah memahami bagaimana menggunakan drone. Pernah mencoba fotografi dengan kamera konvensional? Lebih bagus lagi! Sebab menurut Thomas Krebs, fotografer yang menetap di Frankfurt, meyakini hal tersebut. Memulai proyek-proyek fotografi sejak 2006, ia pertama kali bepergian ke Afrika dan sejak saat itu membagikan penemuannya di blog profesionalnya (image-me.de).

Ketika ditanya mengenai tipsnya dengan drone, Thomas berpendapat bahwa segala sesuatu yang telah dijelaskan tentang fotografi bisa diterapkan di drone photography. Ketika menggunakan drone, kita tak dapat menggunakan tripod yang sebenarnya penting untuk memotret pemandangan kota. Baginya, menggunakan tripod adalah nasihat penting untuk fotografi kota. Namun tidak adanya tripod dapat diakali.

Tips sederhana: Pastikan drone tidak goyang agar foto tidak buram. Image by droneuniversities.com

Tips sederhana: Pastikan drone tidak goyang agar foto tidak buram. Image by droneuniversities.com

"Untuk menghasilkan gambar yang tajam, Anda harus meminimalisir goyangan kamera atau kurangi dampak goyangan," kata Thomas. Pastikan drone agar tetap tegak dan pilihlah waktu exposure yang sesuai. Exposure time seharusnya diatur sama dengan inverse dari panjang focal.

*) Featured image by eyeondrones.com

 

 

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.