Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Jaket Outdoor

8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Jaket Outdoor

Memilih jaket outdoor memang bisa jadi perkara yang susah-susah gampang. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan hal-hal berikut sebelum Anda membeli jaket outdoor pilihan Anda.

Bagi Anda yang menyukai petualangan, jaket outdoor memang pilihan yang tepat untuk mendukung segala aktivitas Anda. Namun, memilih jaket outdoor yang sesuai dapat menjadi masalah ketika Anda membutuhkan kepraktisan yang tetap didukung dengan harga terjangkau dan spesifikasi setara jaket-jaket outdoor profesional.

 

Oleh sebab itu, pertimbangkanlah aspek-aspek berikut sebelum Anda membeli jaket outdoor pilihan Anda.

 

Jaket Gunung

Image by Ross Woodhall

 

Tujuan

Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu apa tujuan Anda membeli jaket outdoor. Pasalnya, kebanyakan jaket outdoor di pasaran memang didesain khusus untuk kebutuhan tertentu. Misalnya, jaket outdoor untuk olahraga ringan seperti lari atau bersepeda akan diperlengkapi dengan ventilasi udara yang lebih banyak demi memperlancar sirkulasi udara saat beraktivitas. Di sisi lain, jaket outdoor untuk olahraga berat seperti mendaki gunung wajib menyeimbangkan keawetan, ketahanan terhadap air, dan ventilasi udara, yang sayangnya sering berdampak pada berkurangnya tingkat kenyamanan saat dikenakan.

 

Jaket Gunung

Image by Regatta Outdoor

 

Ukuran dan kenyamanan

Pastikan jaket outdoor Anda memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda. Pertimbangkan juga bahan yang digunakan—apakah sudah cukup nyaman dikenakan? Sebab, bahan semutakhir apapun tidaklah ada artinya apabila tidak dibarengi dengan tingkat kenyamanan yang mumpuni.

 

Jaket Outdoor Consina

Image by Outdoor Research

 

Resleting

Beberapa jaket mendukung fitur pit-zaps, yaitu resleting di bawah ketiak yang dapat dibuka untuk memperluas ventilasi udara. Jaket outdoor berkualitas baik memang wajib memiliki ventilasi udara yang oke, namun fitur ini tentu sangat membantu bagi Anda yang mudah kepanasan. Selain itu, pastikan juga bahwa resleting jaket Anda memiliki kualitas yang baik sebelum membeli.

 

Jaket Outdoor Gunung

Image by Mountain Warehouse

 

Lapisan dalam

Apabila Anda memang hobi mengenakan jaket outdoor, jaket dengan model 3-in-1 bisa jadi pilihan tepat. Dilengkapi dengan lapisan pelindung dalam yang bisa dicopot-pasang, jaket 3-in-1 adalah pilihan pas bagi Anda yang menginginkan jaket outdoor serbaguna, sebab model dan kegunaannya bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca apapun.

 

Jaket Outdoor Eiger

Image by Cotswold Outdoor

 

Pull cord dan velcro

Aspek ini penting untuk diperhatikan, terutama jika Anda berencana untuk membeli jaket outdoor tahan air. Sebelum membeli, ujilah terlebih dahulu velcro dan pull cord yang tersemat dalam jaket untuk memastikan kualitasnya. Semakin kencang, maka semakin bagus.

 

Jaket Outdoor Waterproof

Image by Gear Patrol

 

Bahan lapisan waterproof

Jaket outdoor dengan bahan waterproof biasanya diproduksi dengan susunan 3 lapis, yaitu face fabric, membrane, dan backer. Membrane adalah sebuah material termutakhir dengan lubang-lubang mikroskopis tahan air yang tetap mengizinkan tubuh Anda untuk bernapas.

 

Selain membrane, ada beberapa teknologi pelapisan lain yang lebih konvensional dan terjangkau seperti coating atau laminate, namun kualitasnya tentu lebih rendah. Apabila kebutuhan Anda tidak mengharuskan Anda untuk membeli jaket outdoor profesional, jaket-jaket yang dilapis dengan dua teknologi tersebut bisa jadi pilihan.

 

Jaket Gunung Outdoor

Image by Cotswold Outdoor

 

Warna

Warna-warna terang seperti kuning dan merah memang biasanya lebih mudah kotor, namun juga lebih mudah dikenali. Dibandingkan dengan warna gelap yang cenderung menyerap cahaya, warna-warna terang dapat memantulkan cahaya dengan lebih baik. Anda tentu dapat memilih warna jaket sesuai preferensi Anda sendiri, namun warna terang jelas adalah pilihan yang paling tepat untuk menunjang keselamatan.

 

Jaket Gunung Jack Wolfskin

Image by Opinionated World

 

Merk

Belilah jaket outdoor dari merk-merk yang sudah terjamin kualitasnya, seperti Eiger, Rei, Consina, atau Jack Wolfskin. Anda pun tetap dapat membeli jaket dari merk lain, namun pastikan bahwa kualitasnya sudah sesuai dengan patokan kriteria Anda.

 

*) Featured image by Nomadical Sabbatical

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.