Get your bike essential, disc up to 50% off : SHOP NOW
THE JOURNAL

5 Tips Bike To Work Tanpa Ribet, Percayalah Saya Sudah Melakukannya

5 Tips Bike To Work Tanpa Ribet, Percayalah Saya Sudah Melakukannya

Persiapan perlengkapan, cara pengepakan, dan segala macam pengecekan bersepeda yang diperlukan.

Massachusetts Institute of Technology memaparkan temuan bahwa berpergian menggunakan sepeda lebih efisien, terutama di daerah urban yang padat kendaraan bermotor. Sampel penelitian didapat dari program bersepeda di Lyon, Prancis yang menunjukkan di saat macet, laju sepeda bisa mencapai 15KM/jam lebih cepat daripada mobil yang berseliweran di sekitarnya.

Bagaimana dengan kota-kota di Indonesia? Saat ini belum ada datanya, namun menurut saya (Albertus Prestianta), seorang dosen dan mantan jurnalis harian Bisnis Kontan, bersepeda alias Bike to Work jelas lebih efisien dan memiliki keuntungan ekstra, yang apalagi kalau bukan kebugaran. Namun kadang saat saya mengajak teman-teman untuk melakukan hal yang sama, mereka terlihat enggan karena Bike to Work dianggap ribet, padahal nyatanya tidak, berikut tips bike to work menurut pengalaman saya selama ini:

1. CEK RUTIN SEPEDA

Mengingat sepeda akan digunakan secara cukup intens di setiap harinya, ada baiknya setiap sebelum ke kantor Anda memoles bagian-bagian seperti rem, rantai, dan rims sepeda dengan kain terutama di saat cuaca sedang tidak menentu seperti sekarang ini (kadang hujan dan terik). Selain akan terlihat menjadi lebih kinclong, keawetan sepeda juga akan lebih lama, sehingga otomatis akan banyak menghemat biaya perawatan.

Mengecek rantai-rantai sepeda sangat penting untuk keawetan sepeda

Cek kayuhan sepeda agar memimanilisir kemungkinan cedera

2. ALOKASI PERLENGKAPAN YANG TEPAT

Minimalisir barang bawaan Anda dan coba teliti ulang, barang apa saja yang sebenarnya bisa disimpan di kantor daripada harus membawanya kesana-kemari. Umpamanya dengan tidak membawa laptop setiap hari, cukup mengandalkan PC di kantor, sudah dapat menghilangkan beban di bahu Anda, namun apabila harus tetap membawanya, pastikan gunakan tas yang memiliki ruang khusus laptop agar tidak terguncang saat perjalanan bersepeda.

Banyak yang sepelekan guna sarung tangan, tapi untuk menjaga kecerahan kulit ada baiknya barang ini selalu dikenakan

Bawa laptop bila perlu saja

2. STRATEGI MENGEPAK

Agar kemeja kantor tidak lecek, Anda dapat memanfaatkan sebuah majalah semi hard cover sebagai landasan untuk kemeja yang sudah dilipat dan masukkan kedalam plastik sebelum dimasukan ke dalam ransel.

Tidak semua kantor menyediakan fasilitas mandi, namun saya salah satu yang cukup beruntung

3. BERIKAN REWARD UNTUK DIRI SENDIRI

Tak ada salahnya mampir di toko kopi terdekat untuk membeli secangkir kopi atau teh sebagai bentuk apresiasi diri sendiri yang sudah bangun dan bergegas lebih awal untuk ke kantor. Intinya lakukan apa saja yang bisa membantu Anda merasa terpresiasi saat melakukan kebiasaan baru ini, agar Bike to Work tidak sekedar jadi rutinitas yang luntur setelah beberapa bulan.

Saat ingin bersantai, kadang saya mencari tempat untuk berisitrahat sejenak dan menyandarkan sepeda

Keuntungan berangkat lebih pagi, perjalanan jadi lebih santai

Sayangnya karena budaya bersepeda belum mengakar seperti di negara lain, saya harus mencari kedai yang memungkinkan saya menyandarkan sepeda di dekat tempat saya menyeruput kopi (karena faktor keamanan).

Buat kebiasaan baru memang terasa sulit awalnya, jadi akali dengan menyisipkan hal-hal yang digemari agar prosesnya lebih mudah

5. MENGHINDARI BAU BADAN

Mandi di kantor sangat direkomendasikan untuk menghindari bau keringat yang menyengat. Namun apabila tidak ada fasilitas mandi di kantor, Anda bisa mengakali dengan menggunakan tisu basah untuk membasuh bagian tubuh yang berkeringat.

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.