Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

5 Tip Mengatur Dompet Agar Tetap Rapi & Slim

5 Tip Mengatur Dompet Agar Tetap Rapi & Slim

Jangan biarkan perjalanan berantakan hanya karena pengaturan dompet yang berantakan.

Image by Bellroy

Saat berpergian akan sangat menggangu apabila dompet yang digunakan tersumpal timbunan struk, kartu-kartu yang kadarluarsa, robekan tiket, dan sampah kecil lainnya, sehingga tidak heran kita kerap panik sendiri saat ingin mengeluarkan kartu atau tiket yang perlu digunakan, entah itu karena terselip atau bahkan lebih parah, hilang.

Berdasarkan pengalaman kami selama berpegian berikut adalah tip agar dompet Anda tetap rapi, slim, dan tentunya tahan lama:

PASTIKAN TIDAK ADA BENDA TAJAM ATAU KERAS

Apabila Anda sudah berinvestasi dengan membeli dompet sekitar 1 jutaan, tentunya diharapkan penggunaannya bisa digunakan dalam tempo yang cukup panjang. Tetapi bila Anda masih sering menyimpan benda-benda seperti kunci, koin (bukan pada tempatnya), klip, dan barang lain yang tidak semestinya, maka dompet akan mudah berkerut dan bagian dalam dompet akan mudah tercabik oleh permukaan benda-benda tersebut.

Pisahkan kunci dengan menyimpannya di saku celana atau gunakan key cover khusus agar dompet Anda selamat dari benda ini. Sedangkan untuk koin, apabila dompet tidak memiliki tempat penyimpanan koin, ada baiknya koin tersebut disimpan di ruang-ruang kecil yang biasanya ada pada tas traveling.

LETAKKAN UANG PADA TEMPATNYA

Letakkan uang tunai pada saku uang tunai yang ada di setiap dompet, hilangkan kebiasaan menyimpan uang pada saku yang diperuntukkan untuk menyimpan kartu. Hal ini juga akan menjaga tampian estetik dari dompet. Apabila perlu, urutkan pecahan uang sesuai jumlahnya, umpamanya pecahan terkecil diurutkan sampai ke pecahan terbesar, dari sisi dalam ke sisi luar.

CEK SEMUA KARTU

Prioritaskan kartu yang dibawa berdasarkan intensitas penggunaannya. Mudah bukan? Bila masih bingung, coba kategorikan kartu-kartu Anda dalam dua kategori ini:

Kartu wajib bawa setiap hari:

Umumnya yang masuk kategori ini adalah SIM atau kartu transportasi umum (contoh: kartu Trans Jakarta), kartu asuransi kesehatan, kartu debit, kartu kredit utama dan kartu akses kantor.

Kartu untuk keperluan tertentu:

Kartu program loyalitas supermarket atau department store, kartu perawatan, dan kartu garansi kendaraan.

Sesudah mengkategorikan kartu-kartu di atas semestinya jumlah kartu yang dibawa tidak begitu banyak.

KERTAS

Buang semua kertas-kertas yang tidak diperlukan seperti struk restoran,parkir, dan hal remen-temeh lainnya. Apabila ada yang perlu disimpan, gunakan smartphone Anda dan simpan di aplikasi pencatat yang sudah built in di setiap telepon genggam. Berdasarkan pengalaman pribadi struk restoran paling banyak tertimbun di dompet karena untuk keperluan split bill, oleh karena itu aplikasi bank seperti Jenius atau aplikasi splitting bill bisa jadi alternatif daripada harus menumpulkan rentetan struk.

PILIH SLIM WALLET

Tidak semua dompet didesain sama, ada dompet yang didesain berkapasitas besar dan ada yang didesain untuk tampil ringkas namun berkapasitas rendah. Bellroy, merek slim wallet asal Australia, mendesain sebuah dompet ringkas namun mampu menahan muatan sampai 10 kartu tanpa membuat dompet menggendut. Berikut hasil eksperimen kami di bawah ini

Image by Wearinasia || Perbandingan dompet biasa (kiri) dan slim wallet merek Bellroy (kanan)

Apabila Anda sering bepergian ke luar negeri yang menggunakan mata uang dengan fisik lebih besar (contoh: USD, AUS) Bellroy juga tersedia dalam dua seri yakni Lo untuk mata uang kecil seperti IDR dan HIGH untuk mata uang negara barat.

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.