Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

4 Kota di Asia Tenggara yang Bisa Ditelusuri dengan Berjalan Kaki

4 Kota di Asia Tenggara yang Bisa Ditelusuri dengan Berjalan Kaki

Asia Tenggara kerap menjadi pilihan para backpacker Indonesia untuk merasakan budaya yang benar-benar baru. Empat kota ASEAN ini menyimpan pesona yang siap diungkap pejalan kaki.

Entah apa alasan Anda memilih melancong ke salah satu negara di Asia Tenggara (selain Indonesia pastinya), Anda harus mengakui bahwa kawasan ini memang kaya akan keanekaragaman tradisi dan gaya hidup masyarakatnya. Kota-kotanya yang khas, baik ramai menggeliat atau tenang yang menyimpan banyak cerita, tepat untuk ditelusuri dengan berjalan kaki. Jika Anda berencana mengunjungi satu dari empat negara di bawahnya, luangkan beberapa hari di kota yang kami sebutkan di bawah karena kota-kota ini ramah bagi para pejalan kaki!

VIENTIANE, LAOS

Pha That Luang, ikon Vientiane. Ibu kota Laos kerap dijuluki kota yang santai. Image by en.vietnamitasenmadrid.com

Pha That Luang, ikon Vientiane. Ibu kota Laos kerap dijuluki kota yang santai. Image by en.vietnamitasenmadrid.com

Jika dibandingkan dengan berbagai ibu kota Asia Tenggara lainnya, Vientiane tergolong ibu kota terkecil ASEAN karena suasananya yang tidak seramai Bangkok atau Kuala Lumpur, misalnya. Namun itulah pesona Vientiane. Kota di Laos yang berbatasan dengan Thailand masih mengabadikan cita rasa kolonial Prancis. Boulevard dengan barisan pepohonan dan maupun rumah-rumah tua ala Prancis tetap memadati Vientiane. Ketika melancong ke kota ini, jangan lupa menyambangi Pha That Luang yang merupakan monumen tersuci bagi umat Buddha di Laos.

SIEM REAP, KAMBOJA

Berjalan kaki sepanjang Pub Street. Image by Photocory

Berjalan kaki sepanjang Pub Street. Image by Photocory

Mungkin Anda mengenal Siem Reap sebagai titik awal menuju Angkor Wat, namun kota ini masih menawarkan hal-hal lainnya. Sempatkan diri untuk mengenal kota dengan berjalan kaki. Berjalanlah mengelilingi gang-gang sempit sekitar Pub Street dan Old Market. Catatan: Tetaplah berhati-hati akan pencuri, tidak hanya di Siem Reap tetapi juga di kota mana saja.

CHIANG MAI, THAILAND

Selagi mengitari Chiang Mai Old City, jangan sampai tak menyambangi Wat Chedi Luang. Image by asiatravelagency.info

Selagi mengitari Chiang Mai Old City, jangan sampai tak menyambangi Wat Chedi Luang. Image by asiatravelagency.info

Chiang Mai berada di utara Thailand dengan suhu yang berbeda dari Bangkok. Budaya Lanna-nya pun menonjol sebagai pembawaan khas utara Negeri Gajah. Para traveler gemar menginap di salah satu hostel di daerah Chiang Mai Old City. Pasalnya, terdapat berbagai kuil dan street food di sisi lama kota ini. Menelusuri hal-hal khas Chiang Mai semakin mudah di area Old City dengan berjalan kaki.

YANGON, MYANMAR

Shwedagon Pagoda yang megah. Image by shwedagon-pagoda.com

Ketika menyusuri jalanan Yangon, jangan kaget kalau Anda akan menemui masyarakat setempat yang mengenakan longyi atau sarung. Ibu kota Myanmar mengajak Anda untuk berjalan kaki sambil merasakan warna kota yang berubah menjadi inspirasi bagi Anda. Di Yangon, wajib hukumnya untuk berkunjung ke Shwedagon Pagoda. Asia Tenggara mungkin kaya akan kuil, namun kuil-kuil ini memang memukau dan mengajak kita untuk merenungi kehidupan bersama.

Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.