Get your travel essential, disc up to 50% off : SHOP NOW
THE JOURNAL

3 Destinasi Wajib Kunjung di Cancún, Meksiko, yang Paling Berkesan Buat Saya

3 Destinasi Wajib Kunjung di Cancún, Meksiko, yang Paling Berkesan Buat Saya
  • SHARE
THE JOURNAL

3 Destinasi Wajib Kunjung di Cancún, Meksiko, yang Paling Berkesan Buat Saya

  • SHARE

Words & Photo by : Stephanie Tratama | May 17, 2018

Sekarang saya paham mengapa Cancún jadi destinasi wajib para pelancong barat, ternyata ini keindahannya.

Ketika mendengar kata Meksiko, jujur hanya telenovela Maria Mercedes, Amigos X Siempre, dan Esmeralda yang terlintas di benak saya. Perkenalan kedua saya dengan Meksiko adalah saat dimana saya pertama kalinya mencicipi burrito – yang artinya keledai kecil, yang konon merupakan makanan penuh perjuangan pekerja imigran Meksiko di Amerika Serikat. Meksiko sendiri mulai membuat saya penasaran ketika salah satu dari situs arkeologinya, Chichen Itza, dinobatkan menjadi salah satu dari New 7 Wonders of the World. Siapa sangka, saya berkesempatan untuk mengunjungi negeri sombrero ini, tepatnya ke kota Cancun, bulan Oktober 2017 lalu.

Cuaca di Cancún panasnya cukup ekstrim di kisaran bulan Oktober

Layaknya Indonesia, Cancún hanya memiliki 2 musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Karena letaknya dekat dengan laut, cuacanya relatif panas sepanjang tahun menjadikannya mirip seperti Bali. Mungkin ini juga alasan mengapa banyak orang Kanada dan Negeri Paman Sam senang berlibur ke kota tropis ini.

1. ATRAKSI TEATRIKAL CIRQUE DU SOLEIL DI VIDANTA RESORT RIVIERA MAYA

Kunjungan saya ke tempat ini merupakan undangan dari pihak Cirque du Soleil untuk menyaksikan atraksi teatrikal “Joya” di Vidanta Resort, Riviera Maya. Bagi yang belum tahu, Cirque du Soleil (CDS) merupakan pertunjukan sirkus kontemporer yang memadukan atraksi akrobat dan teknologi sehingga menghasilkan aksi teatrikal yang sangat epik! Bagi yang ingin mengecek salah satu acaranya, kebetulan saat artikel ini ditulis, CDS sedang mengadakan touring show di Singapura dengan tema "Toruk The First Flight" – yang terinspirasi dari film Avatar (https://www.cirquedusoleil.com/toruk).

Vidanta, risor tempat saya bermalam

Grup Vidanta merupakan mitra dari Cirque du Soleil di Meksiko

Berbeda dengan pertunjukan CDS di Las Vegas dan touring show lainnya di seluruh dunia, Joya menggabungkan pertunjukan dengan sajian kuliner molecular gastronomy yang sangat menarik! Hal ini menjadi lebih seru karena penyajian hidangan dibuat sangat cantik seperti meletakkan dessert di dalam buku kamus tebal, kertas menu yang dapat dimakan, serta pasokan wine yang tidak terbatas! Sembari menyesap wine, ada sajian live music dari 3 orang musisi senior lokal yang ternyata ditemukan oleh pencari bakat CDS saat sedang perform di jalanan! Joya sendiri menceritakan tentang petualangan seorang gadis kecil dan kakeknya ke sebuah tempat ajaib untuk mengungkap rahasia kehidupan.

Menu yang bisa dimakan, keajaiban teknik mollecular gastronomy yang menarik

Setelah pertunjukan selesai, saya berkesempatan untuk melihat backstage yang ternyata sangat luas dan rapi. Di belakang panggung terdapat banyak ruangan yang terdiri dari ruangan latihan, ruangan penyimpanan kostum, ruangan rias wajah, ruangan penyimpanan peralatan akrobat, dan masih banyak ruangan menarik lainnya. Selesai berkeliling backstage, masih ada kejutan lain berupa post-show berupa live music dari 3 wanita nyentrik Meksiko yang membuat penonton ingin maju berdansa.

2. XCARET PARK, ECO-TOURISM GIGANTIK, DI RIVIERA MAYA

Xcaret Park merupakan tempat hiburan Eco-Tourism yang menyajikan berbagai atraksi menarik sekaligus konservasi beberapa spesies binatang. Dengan membayar sekitar Rp 1juta per orang, kita bisa menikmati wisata alam, wisata permainan air, wisata budaya tarian kultur Maya, wisata satwa serta berenang bersama lumba-lumba di komplek wisata seluas 81ha ini.

Berbagai eksibisi yang melibatkan budaya tradisional dan hewan eksotis ada di sini

Namun, hal yang paling berkesan bagi saya yaitu saat mengapung di The Underground Rivers, cenote (atau yang biasa dikenal dengan "gua berisi air") yang terbentuk karena abrasi batu kapur yang dihempas air terus menerus sehingga ambruk dan membentuk sumur-sumur dalam alami yang berwarna hijau dan biru. Sepanjang 5km, saya mengapung di air asin dingin yang berwarna hijau bening dengan bantuan pelampung yang kontras berwarna merah muda.

Di sepanjang perjalanan, pihak pengelola memberikan alat-alat bantu berupa tali tambang di beberapa titik lokasi juga pegangan besi di dinding bebatuan yang memudahkan saya untuk tetap bergerak walaupun kaki sudah mulai kelelahan.

Hal menarik lainnya, bagi pengunjung yang suka berfoto, terdapat banyak sekali kamera yang tersebar di seantero XCaret untuk mengabadikan momen pengunjung selama berkeliling wilayah ini. Caranya cukup memindai wristband ke mesin scanner yang diletakkan di dekat kamera. Foto yang ingin dicetak dapat dicek dan dibeli di pos wristband scanner sebelum meninggalkan lokasi. Sebelum pulang, saya juga sempat berkunjung ke sebuah rumah contoh penduduk Meksiko kerah putih. Rumahnya sangat indah dengan banyak hiasan Bunda Maria dan memiliki halaman belakang yang panjang dan luas dengan interior khas Mexican style.

Lantai pada rumah tradisional Meksiko, di Xcaret

Pemandangan dari area Xcaret

3. RUINS OF TULUM

Di hari terakhir, saya menempuh jarak 92km menuju kota Tulum. Selama 90 menit, perjalanan yang ditempuh sepi dan lurus selurus-lurusnya, tidak sekalipun belok ke kanan atau ke kiri! Salah satu destinasi yang menarik di Tulum adalah Ruins of Tulum, yaitu serpihan bangunan peninggalan suku Maya yang tingginya sekitar 12 meter di semenanjung Peninsula. Bangunan-bangunan di sini berada di puncak kejayaannya sebelum bangsa Spanyol menginvasi Meksiko. Dengan harga tiket masuk Rp 50ribu per orang, saya dapat bebas mengelilingi komplek arkeologi seluas lebih dari 20 ha ini.

Ruins of Tulum, ada baiknya kesini saat hari masih pagi agar tidak ramai

Sebelum masuk ke komplek tersebut, terdapat tarian lokal yang menggantungkan kaki pemain di atas tiang dan membuat kepala mereka tergantung ke bawah sambil berputar-putar. Yang paling membuat saya takjub ialah ketahanan para penari untuk beraksi dibawa terik matahari yang panasnya sangat membakar kulit!

Pantai yang menghadap laut Karibia, sungguh indah

Tidak seperti daerah Kuta Bali yang ATM-nya bisa ditemukan di setiap sudut kota, pastikan membawa uang tunai Peso dalam jumlah lebih untuk membeli makanan ringan, minuman, ataupun oleh-oleh khas Meksiko. Pastikan juga membawa krim anti nyamuk karena saya sendiri menjadi korban 12 gigitan nyamuk kurang dari 15 menit sejak menapakkan kaki di komplek ini! Bagi pengunjung yang membawa drone, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20ribu per drone. Tetapi lucunya, pengunjung dilarang untuk menerbangkan drone mereka di dalam komplek ini!

Ternyata Taco di negara asalna memiliki beragam jenis

Petualangan dilanjutkan dengan wisata kuliner di area Zona Hotelera yang memiliki banyak sekali café-café kasual cantik di pinggir pantai, mirip seperti daerah Seminyak di Bali. Salah satu tempat yang saya kunjungi adalah Taqueria La Eufemia, sebuah “warung” taco sederhana yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan asing. Di sini, para tamu café dapat berenang dan berjemur sepuasnya di pantai berpasir putih bersih tersebut. Sebelum menutup petualangan hari itu, saya sempat mengunjungi suatu rooftop café bernama Mateos yang sangat asik. Selain ada live music, saya datang saat sedang happy hour sehingga beli minum apapun, gratis minuman yang sama! Saya juga memesan gurita berukuran besar dengan saus BBQ yang sangat lezat dan empuk serta guacamole terenak yang pernah saya makan selama hidup saya!

Rangkuman tarif

Tiket masuk Xcaret Rp1juta

Tiket masuk Ruins of Tulum Rp50.000

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.