10 Pesona Alam NKRI yang Bisa Dinikmati Dalam Tempo Singkat

"Orang bilang tanah kita (Indonesia) tanah surga", seperti yang didendangkan salah seorang penyanyi terkemuka negeri ini. Wearinasia punya sepuluh rekomendasi pesona alam NKRI yang bisa dinikmati dalam waktu singkat.

Barangkali Wearinasians telah mengenal beberapa nama di antara sepuluh rekomendasi ini. Namun tempat-tempat ini nyatanya bisa dikunjungi sewaktu akhir pekan.

KAWAH IJEN

Kawah Ijen yang terletak di daerah Banyuwangi, Jawa Timur, terkenal akan api birunya. Pertama ditulis oleh sepasang petualang Prancis untuk majalah Geo di Prancis pada dekade 1970-an, Kawah Ijen sejak saat itu mulai dikenal masyarakat dunia.

Kawah ini juga dikenal luas karena konsentrasi belerangnya yang tinggi. Para penambang pun naik-turun Kawah Ijen dan membawa puluhan kilogram sulfur tiap harinya.

Simaklah tulisan Andrew Gunawan dari Wearinasia yang mengisahkan pengalamannya menikmati dentuman musik di bawah selimut gas beracun Kawah Ijen.

Api biru Ijen. Image by news.nationalgeographic.com Api biru Ijen. Image by news.nationalgeographic.com

PULAU PEUCANG

Pulau Peucang berada di wilayah Pandeglang di provinsi Banten dengan aksesibilitas yang dapat dijangkau. Di pulau itu terdapat Pantai Peucang dengan laut biru jernih dan pasir putih yang halus.

Mengapa pantai mudah diakses? Pasalnya, pulau ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO karena letaknya yang dekat Taman Nasional Ujung Kulon. Tentu mencapai Pulau Peucang tak sesulit dulu kala.

Pantai di Pulau Peucang. Image by idtempatwisata.com Pantai di Pulau Peucang. Image by idtempatwisata.com

NGARAI SIANOK

Badan pariwisata Indonesia menjuluki Ngarai Sianok sebagai "pemandangan alam tercantik di Sumatera Barat", dan itu bukan nama yang asal-asalan.

Berada di luar kota Bukittinggi yang sejauh dua jam dari Padang (setiba di kota Bukittinggi bisa dicapai dengan transportasi umum), Ngarai Sianok punya panjang sekitar 15 kilometer dan kedalaman sekitar 100 meter.

Trik singkat: Nikmatilah keindahan ngarai dari Panorama Park. Anda dapat langsung memotret keindahan panoramanya.

Ngarai Sianok. Image by fajaradeputra.wordpress.com Ngarai Sianok. Image by fajaradeputra.wordpress.com

GUNUNG BROMO

Semakin dikenal luas karena menjadi latar film 5cm, Gunung Bromo memang jauh dari kata mengecewakan.

Dari titik pandang di Gunung Penanjakan, dua setengah jam dari Malang, para pelancong dari seluruh dunia menapakkan kaki di sini untuk menyaksikan matahari terbit. Satu kata: memukau.

Bromo dari jauh. Image by walldevil.com Bromo dari jauh. Image by walldevil.com

TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING

Taman nasional ini ramai akan beragam habitat dataran rendah. Di taman nasional Anda bakal menjumpai rawa bakau, hutan hujan tropis, serta danau.

Selagi menikmati alam Kalimantan Tengah, bersiaplah untuk bersua dengan orangutan yang merupakan ikon terkenal Tanjung Puting.

Ucapkan halo kepada orangutan! Image by wisatatanjungputing.com Ucapkan halo kepada orangutan! Image by wisatatanjungputing.com

TEBING KERATON

Blog perjalanan pergidulu.com menyebut Tebing Keraton sebagai tempat keren karena pemandangan hijau yang terhampar hingga 180 derajat. Di sini juga bisa menikmati kabut, sesuatu yang tergolong jarang di Bandung.

Cuplikan kisaran dua menit ini memperlihatkan sudut-sudut terbaik Tebing Keraton.

DERAWAN

Media Inggris The Guardian menuliskan bahwa Kepulauan Derawan menawarkan kesempatan menyelam yang spektakuler, pantai 'emas', serta ketenangan. Namun suasana sunyi itu tak akan bertahan lama, mengingat rencana-rencana ambisius untuk mengembangkan pariwisata setempat.

Datanglah segera ke Derawan sebelum menjadi terlampau ramai. Ditambah lagi amat mungkin untuk menghabiskan waktu di Derawan saat akhir pekan.

Derawan yang menawan. Image by dreamparadiso.com Derawan yang menawan. Image by dreamparadiso.com

GILI TRAWANGAN

Terkenal sebagai salah satu pulau terkenal di Lombok, Gili Trawangan merupakan pelarian yang mudah dilakukan dari Bali. Lonely Planet menyebut Gili Trawangan adalah surga reputasi global yang menyandingkannya sebagai destinasi terbaik Indonesia bersama Bali dan Borobudur.

Ya, Gili Trawangan sarat akan kereta kuda dan perasingan pantai.

Pantai Gili Trawangan yang bikin tenang. Image by travelingcow.com Pantai Gili Trawangan yang bikin tenang. Image by travelingcow.com

PANTAI ORA

Marischka Prudence, blogger perjalanan terkenal Indonesia, adalah satu di antara banyak sekali orang yang terpikat cantiknya Pantai Ora di Ambon.

Dari Ambon ia pergi ke Pelabuhan Tulehu dan berlanjut ke Pelabuhan Amahai di Pulau Seram. Ia lalu naik mobil ke Desa Sawai dan sampailah ia di pantai.

Penerbangan dari Jakarta ke Ambon memakan kurang lebih tiga setengah jam. Sepadan, sih, harusnya kalau menyadari pantai seindah ini yang bakal dinikmati.

Perairan di Pantai Ora yang kehijauan. Image by travacello.com Perairan di Pantai Ora yang kehijauan. Image by travacello.com

BELITUNG

Jika Anda bingung harus ke destinasi mana di Indonesia untuk mengisi akhir pekan, pertimbangkan Belitung. Belitung yang namanya terangkat berkat novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini bisa dinikmati tiga hari dua malam.

Kegiatan favorit di sini? Naik kapal dan mengarungi pulau demi pulau. Berhenti di satu pulau untuk foto-foto dan menikmati pasir putihnya, lalu pindah lagi ke pulau lain untuk bertemu bintang laut sekaligus snorkeling.

Belitung juga hanya sejauh 40 menit penerbangan dari Jakarta.

Pantai Belitung yang sepi. Image by Randy Mulyanto Pantai Belitung yang sepi. Image by Randy Mulyanto

Jadi, yang mana favorit Wearinasians?

*) Featured image by travacello.com

    Randy Mulyanto - May 30, 2017
    ← Previous Post Next Post →